Light Dark

Dear Bun, Ini 4 Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Gaya Hidup | 05 Dec 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi anak makan sayur. | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi sayur punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, memberi makan sayur si kecil bukan perkara mudah. Seringkali anak sulit untuk mengonsumsi sayur.

Oleh sebab itu, dalam keterangannya, CEO Mamang sayur Havid M, mengatakan, mengatakan sebagai orang tua perlu menyiasati sayur dengan semenarik mungkin agar makan sayur terasa nikmat. Berikut tips menerapkan kebiasaan makan sayur untuk anak ala MamangSayur:

Membuat jus sayur dengan tambahan buah

Dengan membuat sayur menjadi jus, sayur akan semakin mudah untuk diterima. Berbagai pilihan sayuran yang dapat dijadikan jus, yaitu brokoli, bit, wortel, seledri, bayam, dan kale. Agar semakin nikmat, kamu dapat mengombinasikan sayur dengan buah yang kaya akan protein atau yoghurt.

Campurkan dengan buah yang memiliki rasa manis agar rasa pahit dari sayur tidak begitu terasa. Salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan brokoli. Kamu dapat mengecek Instagram @mamangsayurms atau aplikasi MamangSayur untuk menemukan kombinasi menarik lainnya.

photoSayur-sayuran. - (Freepik)

Memberi reward untuk anak yang memakan sayur

Tidak kalah penting, berikan apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah setiap kali anak sudah mengonsumsi atau menghabiskan sayur. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat untuk makan sayur kedepannya.

Kamu juga bisa sesekali memberikan anak hadiah agar lebih termotivasi lagi. Dari situlah, mereka akan terbiasa makan sayur secara perlahan sejak dini, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya. Perlu diingat, jangan berikan makanan tidak sehat sebagai bentuk apresiasi untuk anak.

Mengkreasikan sayur semenarik mungkin

Banyak orang mengkreasikan sayur agar dapat menambah ketertarikan anak untuk memakan sayur. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan sayuran dalam bentuk dan penataan yang unik, seperti membuat sayuran menjadi puding, membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayuran, serta memotong sayur dengan cetakan khusus agar membentuk pola yang lucu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan daging di menu capcay atau menambahkan saus keju pada sayur. Selain menambah rasa penasaran dan selera anak untuk mencicipinya, langkah ini juga dapat meningkatkan kreativitas si kecil ‘lho!

Ganti variasi sayur tiap hari

Supaya anak tidak bosan dan semakin mengenal beragam jenis sayur, ganti pilihan sayur setiap harinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa penasaran anak pada sayuran yang mereka konsumsi.

Dengan memberikan sayuran yang beragam, kita dapat mengetahui variasi sayur mana yang mereka sukai. Kini, belanja sayur lebih mudah di MamangSayur dengan persediaan sayuran segar yang beragam, sehingga kamu bisa memberikan menu sayur berbeda untuk si kecil tiap harinya.

Perlu diperhatikan, kualitas sayuran yang baik adalah salah satu kunci utama dalam menerapkan empat tips tersebut.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur