Simpel, Ini 9 Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Jumat 03 Desember 2021, 13:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat motor memang perlu, apalagi di saat musim hujan. Perawatan ekstra harus dilakukan karena air hujan dapat menyebabkan masalah pada sepeda motor kamu.

Perawatan yang dilakukan tidak hanya pada bagian luar saja, namun harus menyentuh hingga bagian dalam motor. Lalu, bagian apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana cara merawat motor dimusim hujan?

Baca Juga :

1. Cuci Motor

Usahakan motor langsung dicuci apabila sudah digunakan menerjang hujan. Hal ini perlu dilakukan karena air hujan mengandung asam dapat mempercepat korosi pada rangka motor. Ai hujan juga dapat mengurangi kilau cat motor.

Jika kamu tidak punya waktu untuk mencuci motor, minimal kamu menyiram motor menggunakan air bersih. Tujuannya untuk menghilangkan air hujan yang menempel di semua bagian motor.

Mencuci motor menjadi cara merawat motor yang paling sederhana tujuannya agar motor tidak kusam dan terhindar dari karat.

2. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban menjadi hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan karena menyangkut keamanan serta kenyamanan berkendara. Maka dari itu, pastikan tekanan ban dalam kondisi normal.

Ketika tekanan ban kurang maka permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan semakin banyak. Hal ini akan menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan ban motor akan cepat mengalami aus atau gundul.

Namun, tekanan angin ban yang berlebih juga tidak baik karena akan menyebabkan permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan semakin sedikit.

Hal ini akan menjadikan ban motor tidak mendapat traksi yang cukup dan bisa menyebabkan motor selip atau bahkan tergelincir.

3. Periksa Kondisi Rantai

photo(Ilustrasi) Pemeriksaan rantai motor - (YouTube Motorcyclist Magazine)</span

Rantai motor menjadi salah satu komponen yang terkena guyuran air hujan. Hal tersebut yang menjadi penyebab rantai motor berkarat.

Untuk itu rantai motor perlu dibersihkan dari sisa air hujan dan jangan lupa untuk memberi pelumas khusus rantai supaya performanya tetap maksimal.

Selain itu, periksa juga kekencangan rantai jangan sampai kendor atau terlalu kencang karena bisa berakibat negatif.

4. Cek Bagian Rem

Sebagai komponen penunjang keselamatan kendaraan, rem wajib untuk diperhatikan terutama saat musim hujan.

Apalagi jenis rem cakram yang posisinya terbuka sangat mungkin terkena air hujan dan kotoran lain dari jalan. Jadi sering-seringlah membersihkan rem sepeda motor kamu.

Kemudian, setelah motor dipakai menerjang hujan atau dicuci, kamu bisa menginjak-injak pedal rem atau menarik-narik tuas rem supaya kampas rem menjadi kering.

Sebab kampas rem terbuat dari bahan asbes yang dapat menggelembung jika terlalu sering terkena air dan kemudian mengeras. Hal ini bisa menyebabkan rem menjadi keras saat dioperasikan.

5. Perhatikan Bagian Knalpot

photo(Ilustrasi) Knalpot motor - (YouTube PIMV)</span

Saat menerobos genangan banjir, sangat mungkin kotoran dari air menempel pada bagian leher knalpot bahkan bisa saja masuk dan menempel di bagian dalam knalpot.

Untuk itu kotoran ini harus dibersihkan agar sistem pembuangan sepeda motor bisa bekerja dengan maksimal. Caranya mudah, kamu bisa menyemprotkan oli pada bagian dalam knalpot dan mengoleskan grease pada bagian leher knalpot, setelah itu panaskan mesin motor selama kurang lebih 5 menit.

6. Perhatikan Kebersihan Busi

Busi sebagai sumber pengapian mesin motor juga harus diperhatikan kebersihannya, karena jika kotor atau basah oleh air seringkali menyebabkan busi tidak bekerja dan menyebabkan motor mogok.

Saat musim hujan sangat mungkin air masuk ke area busi motor. Karena itu kamu harus membersihkan area busi dan mengeringkannya.

Kamu bisa mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian tiuplah kop busi dengan kencang agar kotoran didalamnya keluar, setelah itu keringkan dengan menggunakan lap.

Selain itu kamu juga bisa melepas busi motor untuk memeriksa apakah busi kotor, jika kotor kamu bisa membersihkan busi terutama bagian terminal dan elektroda busi menggunakan sikat kawat.

7. Cek Kelistrikan Motor

Bagian kelistrikan motor juga harus harus diperhatikan saat musim hujan. Setelah menerobos hujan dan setelah motor dibersihkan cobalah periksa kabel-kabel pada motor jangan sampai ada yang terkelupas.

Kemudian segera keringkan kabel-kabel pada motor jika terdapat endapan air, jangan sampai masuk ke dalam sela-sela kabel motor.

Sebab kabel yang terkelupas atau terkena air bisa menyebabkan korsleting yang mengganggu kelistrikan motor.

8. Periksa CVT Motor

photo(Ilustrasi) CVT motor - (via www.autodeal.com.ph)</span

Khusus untuk kamu yang memiliki motor matic, kamu harus perhatikan bagian CVT motor terlebih jika motor telah dipakai menerobos genangan banjir.

Karena jika air masuk ke dalam CVT bisa menyebabkan kampas ‘otomatis’ menjadi selip. Selain itu, air juga bisa menyebabkan grease di beberapa part menjadi kering dan berisiko menimbulkan karat.

9. Kotak Saringan Udara dan Karburator

Air hujan bisa saja masuk ke dalam kotak saringan udara. Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin akan mengganggu sistem pembakaran pada mesin motor.

Kamu bisa membuka saringan udara menggunakan obeng dan bersihkan bagian dalam kotak saringan udara.

Selain itu, motor yang masih menggunakan karburator juga sangat rentan mengalami masalah jika dipakai menerobos hujan atau genangan banjir.

Karena jika air masuk kedalam karburator bisa menyebabkan pembakaran motor terganggu. Jika itu terjadi, kamu bisa menutup kran saluran bensin dari tangki, kemudian putar baut pembuangan di karburator agar air keluar bersama dengan bahan bakar.

Setelah itu kencangkan kembali baut pembuangan dan buka kran dari tangki agar bensin kembali mengalir ke karburator.

Video Lainnya:

Meninggal, Buruh Peserta Demo UMK 2022 Kecelakaan di Jalan Lingsel Sukabumi

Cerita di Balik Viralnya Anak Penjual Kue di Sagaranten Sukabumi

Euis Menampakan Diri, Buaya Sungai Cikaso Sukabumi Punya Nama

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Life01 Mei 2024, 18:49 WIB

6 Rahasia agar Selalu Dipercaya Orang Lain Secara Konsisten, Ini Caranya

Setiap orang harus belajar dan menerapkan prinsip bagaimana caranya agar selalu dipercaya orang lain dalam hidupnya.
Ilustrasi. Berikut cara selalu dipercaya orang lain. | Sumber foto : Pexels/ Tima Miroshnichenko
Motor01 Mei 2024, 18:30 WIB

Intip Spesifikasi Honda Vario 125 Terbaru Edisi Mei 2024, Segini Harganya!

Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia.
Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia. (Sumber : astra-honda.com).
Sukabumi01 Mei 2024, 18:28 WIB

38 Tahun Iyos Somantri Mengabdikan Diri Bukan Omong Kosong

Sangat Paham Sukabumi, pengabdian Iyos Somantri selama 38 tahun dinilai bukan pengabdian tanpa prestasi dan tanpa perbuatan.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Life01 Mei 2024, 18:06 WIB

Berikan Konsekuensi Langsung, Ini 5 Komponen Inti Disiplin Anak yang Sehat dan Efektif

Menerapkan disiplin pada anak memang susah susah gampang, namun sebelum itu, kita perlu mengetahui komponen inti disiplin anak yang sehat dan efektif.
Ilustrasi disiplin anak yang sehat / Sumber : pexels.com/@olia danilevich
Life01 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Menghilangkan Rasa Malas, Amalkan Agar Badan Kembali Bersemangat!

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa.
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa. | Foto : Pixabay
Sukabumi01 Mei 2024, 17:55 WIB

Peringati May Day 2024, Buruh Sukabumi Soroti Upah Hingga Praktik Pungli

Peringati hari buruh internasional atau May Day 2024, buruh Sukabumi sentil soal praktik pungli hingga tuntut upah layak.
Buruh yang tergabung dalam FSB KIKES KSBSI saat peringati May Day 2024 di depan gedung DPRD. (Sumber : SU/Ilyas)