Light Dark

6 Tips Jitu Menghindari Flu di Musim Pancaroba

Sehat | 03 Dec 2021, 12:55 WIB
Ilustrasi Flu Musim Pancaroba | Pexels.com

SUKABUMIUPDATE.com - Flu atau influenza biasanya gampang sekali menyerang jika sedang dalam masa peralihan Musim atau pancaroba. Apalagi saat ini sedang dalam masa pandemi Covid 19, tentu kamu harus ekstra lagi menjaga daya tahan tubuh.

Saat terserang Flu tentu saja tubuh kamu menjadi tidak enak, sehingga tidak bisa maksimal melakukan aktivitas sehari-sehari. Hal itu tentu saja mengganggu aktivitas kamu.


Advertisement

Jika sudah terserang Flu kamu harus beristirahat, agar tubuh kamu cepat pulih dan kamu dapat bekerja sebagaimana mestinya, serta tidak menularkan virus ini pada orang disekitar kamu.

Nah untuk menghindari hal tersebut, kami bagikan enam tips jitu agar Flu tidak menyerang kamu di masa peralihan Musim ini.

Baca Juga :


Advertisement

1. Wajib Menggunakan Masker

photoIlustrasi Memakai Masker - (Pexels.com)

Menggunakan masker saat ini menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Selain untuk mencegah penyebaran Covid 19, masker juga dapat membuat kamu terhindar dari Flu.

Apalagi jika kamu beraktivitas diluar ruangan, kamu harus menggunakan masker berlapis agar terhindar dari penularan virus corona dan tentu saja terhindar dari Flu.

Virus influenza dapat menular dengan mudah dari air liur saat berbicara, dari batuk dan bersih.

Virus yang menempel tersebut akan terhirup langsung oleh hidung hal itulah yang perlu dihindari. Sehingga memakai masker merupakan salah satu cara kamu agar terhindar dari virus tersebut.

2. Menjaga Kebersihan

photoIlustrasi Menjaga Kebersihan - (Pexels.com)

Biasakan untuk rutin mencuci tangan dengan air serta sabun sebelum makan dan setelah dari toilet.

kamu juga wajib mencuci tangan setelah bersin atau batuk untuk mencegah virus dan bakteri bersarang di tangan. Karena biasanya kamu akan menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk.

Selain mencuci tangan, kamu juga harus mandi minimal dua kali dalam sehari. Hal itu untuk membersihkan tubuh dari virus dan bakteri yang menempel di tubuh seharian. 

3. Istirahat yang Cukup

photoIlustrasi Istirahat yang Cukup - (Pexels.com)

Cukupilah waktu istirahat kamu dengan tidur minimal 7-8 jam sehari. Jangan karena kejaan mu yang menumpuk sehingga kamu melupakan waktu istirahat.

Hal itu malah akan membuat kamu lebih mudah terserang Flu, sehingga pekerjaan kamu malah akan semakin menumpuk, karena kamu perlu istirahat untuk memulihkan badan.

Mencukupi waktu istirahat merupakan hal yang wajib saat Musim pancaroba ini, agar daya tahan tubuh kamu lebih kuat, sehingga kamu tidak rentan terkena penyakit infeksi seperti influenza dan berbagai penyakit lainnya.

4. Olahraga Rutin

photoIlustrasi Olahraga Rutin - ( Pexels.com)

Sisihkanlah waktumu untuk berolahraga secara rutin, minimal 30 menit per hari. Kamu dapat melakukan olahraga apa saja yang kamu sukai, misalnya jogging atau bersepedah di sekitar rumah. 

Selain itu kamu juga dapat berolahraga di dalam rumah, seperti angkat beban atau yoga. Berolahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu juga, agar kamu tidak mudah terserang Flu. 

Olahraga juga memiliki manfaat lain diantaranya mengurangi stress, meningkatkan rasa percaya diri, serta membuat wajah dan tubuh kamu lebih segar.

Jangan lupa pastikan juga, kamu selalu mengikuti protokol kesehatan saat melakukan olahraga diluar ruangan ya.

5. Jangan Menyentuh Wajah

photoIlustrasi Jangan Menyentuh Wajah - (Pexels.com)

Menyentuh wajah merupakan salah satu hal yang harus dihindari agar kamu tidak terkena Flu. 

Hal itu dikarenakan virus influenza dapat memasuki tubuh melalui lapisan mukosa di mata, hidung juga mulut.

Itu sebabnya, kamu harus menghindari menyentuh wajah kamu sebelum mencuci tangan, karena tangan merupakan rumah bagi virus dan bakteri, sehingga saat tangan menyentuh wajah otomatis virus tersebut akan memasuki tubuh kamu.

6. Penuhi Asupan Nutrisi

photoIlustrasi Penuhi Asupan Nutrisi - (Pexels.com)

Tips terakhir untuk menghindari Flu menyerang tubuh adalah dengan memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh.

Salah satu nutrisi yang kamu perlukan yaitu vitamin C, karena vitamin ini bekerja sebagai antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh kamu melawan efek radikal bebas dan mendukung kekebalan tubuh.

Saat mengkonsumsi vitamin C juga, tubuh akan bekerja lebih baik dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit didalam tubuh.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari makanan atau minuman sehari-hari, contohnya buah-buahan seperti jambu biji dan jeruk.

Kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C yang bisa kamu beli di Apotek terdekat.

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah