Light Dark

5 Browser Terbaik untuk Smartphone, Nomor 4 Punya Fitur VPN Gratis!

Aplikasi | 03 Dec 2021, 12:32 WIB
Banyak pilihan Browser tersedia untuk Smartphone. | Gtricks

SUKABUMIUPDATE.com - Browser biasa terdapat pada perangkat PC (Personal Computer) dan Smartphone sehingga penggunanya dapat menikmati akses ke dunia maya.

Browser adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai ‘pintu’ menuju suatu situs web dengan memanfaatkan internet.

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat mengakses situs web kapanpun dan dimanapun dengan praktis.

Browser menjadi salah satu hal vital pada Smartphone, hal ini tidak lepas dari fitur yang ditawarkan serta kemampuan kompresi data internet dan UI/UX yang menarik.

Berikut ini ada sepuluh Browser terbaik pilihan yang bisa kamu coba bahkan beberapa di antaranya memiliki fitur VPN gratis Lho!

1. Google Chrome

photoGoogle Chrome, Browser yang banyak digunakan pengguna Smartphone. - (News 9)

Google Chrome atau Chrome merupakan Browser yang dikembangkan oleh Google. Biasanya di setiap Smartphone Android secara ‘default’ terpasang Chrome.

Jika kamu menyukai ekosistem Google, maka perangkat lunak ini wajib menjadi default Browser pada Smartphone Android mu.

Chrome memiliki keunggulan dalam hal sinkronisasi data. Kamu bisa menyinkronkan data pada Chrome di Smartphone dengan PC dengan mudah.

Chrome merupakan Browser yang dominan di pasar Smartphone maupun PC. Setiap pengembang web bahkan menyarankan pengguna untuk menggunakan Chrome.

Selain itu, banyak perusahaan yang menyarankan karyawannya dan pelamar kerja untuk menggunakan Chrome ketika mengisi sebuah data melalui situs web.

Chrome menawarkan fitur tambahan yang ekstensif seperti mode penghemat data, otomasi penerjemahan bahasa serta pop-up dan ad blocker.

Chrome sendiri memiliki cabangnya seperti Chrome Beta, Chrome Dev dan Chrome Canary yang memiliki fitur khusus.

Baca Juga :

2. Mozilla Firefox

photoMozilla Firefox memiliki fitur-fitur ekstensif. - (WallpaperCave)

Mozilla Firefox atau Firefox merupakan salah satu Browser yang banyak digunakan pada perangkat PC maupun Smartphone.

Ketika akan melakukan pengisian data untuk melamar pekerjaan atau ujian online, pengguna akan diarahkan untuk menggunakan Firefox atau Chrome.

Firefox memiliki keunggulan yang sama seperti Chrome, yakni kemudahan sinkronisasi data dari perangkat PC ke Smartphone atau sebaliknya.

Firefox juga menyediakan tema menarik sebagai tampilan visualnya serta fitur-fitur ekstensif tambahan mirip pada Chrome.

Saat ini, Firefox sudah meluncurkan fitur baru bernama Firefox Focus. Fitur ini mirip dengan incognito mode, sehingga pengguna bisa berselancar di dunia maya dengan lebih lancar dan history yang tidak akan tersimpan di Browser.

Firefox memiliki cabang seperti Firefox Beta dan Firefox Nightly yang dikhususkan untuk pengembang. Selain itu terdapat aplikasi VPN yang terpisah dan masih satu induk dengan Firefox.

3. DuckDuck Go

photoDuck Duck Go, Browser yang mengutamakan privasi pengguna. - (Groovy Post)

DuckDuckGo merupakan Browser yang tidak menggunakan mesin pencarian Google. Namun, DuckDuckGo dibangun dengan berdasarkan Chromium seperti Chrome.

Mesin pencarian pada Browser in dibuat secara independen dengan tujuan utama untuk memberikan keamanan bagi penggunanya.

Kamu masih bisa mengakses mesin pencarian Google, namun dengan langkah yang panjang.

DuckDuckGo memiliki fitur untuk menghilangkan pelacak iklan yang mencoba untuk mengetahui data pengguna dari suatu situs web.

Meskipun data pada DuckDuck Go terbilang aman dan tidak mudah diketahui pihak asing, namun tentu menggunakan VPN akan memberikan keamanan yang lebih tinggi lagi.

Karena menitikberatkan pada privasi pengguna, DuckDuckGo tidak bisa melakukan sinkronisasi data antar perangkat.

4. Opera

photoOpera salah satu Browser yang menyediakan VPN gratis. - (Opera)

Opera merupakan Browser yang tersedia untuk Smartphone Android dan PC. Opera memiliki keunggulan pada fitur kompresi data.

Tentunya fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang memakan internet berbasis kuota. Kompresi data yang dilakukan Opera akan menghasilkan halaman web standar yang masih nyaman untuk dilihat.

Berkat fitur kompresi datanya, pengguna bisa mengakses halaman web lebih cepat saat menggunakan Opera dibandingkan Browser lain.

Meski begitu, Opera memiliki interface yang kurang menarik bahkan berbelit-belit.

Opera memiliki fitur VPN gratis yang secara default sudah tersedia, tanpa harus mendownload aplikasi tambahan.

Dengan menggunakan VPN, pengguna bisa mengetahui alamat IP Virtual. Namun, fitur VPN dan kompresi data pada Opera tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Opera menawarkan cabang browsernya seperti Opera Mini yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan versi standarnya. Lalu Opera juga memiliki varian bernama Opera Touch dan Opera GX.

5. Microsoft Edge

photoMicrosoft Edge Browser penerus Internet Explorer. - (Pinterest)

Microsoft Edge merupakan Browser lanjutan dari Internet Explorer yang terkenal pada masanya. Browser ini dibuat dengan basis Chromium.

Microsoft Edge atau Edge kini telah tersedia untuk perangkat Smartphone. Tampilan Browser ini pada Smartphone juga disesuaikan dengan tampilan pada PC. Tidak lupa, Edge memiliki kemudahan sinkronisasi data antar perangkat.

Edge menyediakan dukungan ekstensi seperti ad blocker, penerjemah otomatis yang memanfaatkan Microsoft Translator, password manager serta track blocker.

Video Lainnya:

Meninggal, Buruh Peserta Demo UMK 2022 Kecelakaan di Jalan Lingsel Sukabumi

Cerita di Balik Viralnya Anak Penjual Kue di Sagaranten Sukabumi

Euis Menampakan Diri, Buaya Sungai Cikaso Sukabumi Punya Nama

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri