Lark, Aplikasi Pendukung WFH yang Wajib Kamu Coba!

Jumat 03 Desember 2021, 08:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Lark merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat fitur-fitur untuk membantu karyawan dalam menjalani WFH (Work From Home).

Lark menjadi salah satu aplikasi yang wajib dicoba di masa pandemi ini. Aplikasi ini menawarkan kolaborasi all in one dari setiap fitur yang ada untuk memudahkan koordinasi dalam pekerjaan.

Meskipun menawarkan fitur-fitur yang menarik, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis pada Smartphone maupun PC.

Karena fitur-fitur yang ada di miliki biasanya terdapat pada aplikasi lain secara terpisah, maka tidak heran jika Lark disebut sebagai Super App.

Lalu apa saja fitur yang ada di dalam aplikasi ini ? berikut pembahasannya.

1.Lark Messenger

photoLark Messenger memudahkan percakapan antar karyawan. - (Lark Suite)

Ketika pertama kali membuka Lark, maka pengguna akan langsung disuguhi fitur Messenger. Lark Messenger berfungsi seperti halnya Short Chat pada Whatsapp.

Meskipun Lark Messenger terlihat seperti fitur chatting basa, namun di dalamnya terdapat tool yang dapat digunakan untuk terintegrasi dengan fitur lain pada aplikasi ini.

Melalui Lark Messenger, pengguna dapat mengatur jadwal rapat, memeriksa kalender, mengatur pengumuman dan menandai pesan penting.

Pada fitur ini, kamu bisa membuat group chat dengan maksimal member 5.000 orang. Selain itu, fitur ini memberikan kemudahan penggunanya untuk mencari chat history yang sudah sangat lama alias tidak berbatas waktu.

Ada hal penting lain yang terdapat pada fitur Messenger ini. Fitur ini dapat melakukan otomasi penerjemahan chat hingga ke 100 bahasa. Tentunya, fitur ini akan menguntungkan karyawan yang harus berkomunikasi dengan client maupun atasan dari luar negeri.

Tidak sampai disitu, fitur pesan singkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat secret chat atau pesan singkat yang dapat dikunci dengan password. Hal ini diperlukan untuk keamanan dan rahasia dari suatu Perusahaan.

2. Lark Docs

photoLark Docs memudahkan karyawan untuk mengedit dokumen. - (Lark Suite)

Lark Docs merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan editing pada dokumen secara langsung di dalam chat.

Dengan adanya fitur ini, karyawan bisa melakukan editing dokumen secara real-time bersama karyawan lain tanpa perlu membuka tab atau aplikasi lain.

Ketika sedang melakukan online meeting, pengguna tetap bisa melakukan editing dokumen melalui magic share. Pengguna tidak perlu kesusahan lagi, karena cukup membuka dokumen dari chat dan bisa dibagikan secara langsung saat melakukan video conference.

3. Lark Meetings

photoLark Meetings mampu diakses oleh 100 orang peserta. - (Lark Suite)

Online Meeting menjadi salah satu gaya bekerja baru dengan mengandalkan teknologi video conference. Maka dari itu Lark menghadirkan fitur yang berguna untuk melakukan tatap muka secara virtual, terutama ketika masa pandemic.

Lark Meetings mampu menggelar video conference hingga maksimal 100 peserta tanpa adanya batasan waktu.

Disinggung sebelumnya, bahwa terdapat tool Magic Share pada fitur ini. Dengan tools ini, pengguna bisa melakukan editing dokumen secara bersamaan pada video conference. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus membuka tab baru atau berpindah aplikasi terlebih dahulu.

Baca Juga :

4. Lark Calender 

photoLark Calender dapat disinkronisasi dengan Google Calender. - (Lark Suite)

Lark Calender merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan Google Calender.

Sinkronisasi dari Google Calender dengan fitur ini terbilang mudah, namun pada beberapa perangkat memerlukan izin akses terlebih dahulu.

fitur ini juga dapat digunakan untuk penjadwalan meeting serta catatan hasil meeting. Ketika jadwal meeting tiba, Lark Calender akan memberikan notifikasi.

5. Lark Mail

photoLark Mail dapat terintegrasi dengan Gmail. - (Lark Suite)

Lark Mail menjadi fitur pelengkap guna menjalani pekerjaan dari jauh alias WFH. Pada dasarnya, fitur ini mirip seperti email pada umumnya.

Namun, fitur ini memiliki kemudahan penggunaan dibandingkan email biasa. Pada fitur ini, pengguna dapat secara langsung mengakses email tanpa harus keluar-masuk aplikasi terlebih dahulu.

Selain itu, pengguna juga dapat mengintegrasikan email pribadi seperti Gmail dengan fitur ini. Integrasi tersebut akan semakin memudahkan penggunanya dalam mengakses email.

6. Fitur Lain

photoLark menyediakan penyimpanan awan 200 GB. - (Lark Suite)

Selain kelima fitur utama di atas, Lark juga memiliki beberapa fitur tambahannya lainnya. pada versi gratis, aplikasi menyediakan cloud storage bersama sebesar 200 GB. Sedangkan untuk mendukung fitur surat-menyurat, aplikasi ini memberikan penyimpanan email 500 GB.

Untuk versi berbayarnya, aplikasi ini menyediakan media penyimpanan tidak terbatas serta dukungan prioritas dari pihak developer. Namun sejatinya versi gratis dari aplikasi ini sudah sangat mencukupi kebutuhan pekerjaan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)