Light Dark

Android 12 Hadirkan Fitur Menarik, Nomor 4 Unik!

Gadget | 02 Dec 2021, 16:27 WIB
Android 12 menghadirkan fitur yang lebih menarik. | blog.google

SUKABUMIUPDATE.com - Android 12 menjadi pusat perhatian penggemar teknologi, karena dikabarkan membawa sejumlah Fitur dan peningkatan dibandingkan versi sebelumnya.

Android 12 merupakan versi paling baru dari Sistem Operasi buatan Perusahaan Teknologi asal Amerika Serikat, Google.

Versi terbaru Android ini pertama kali dirilis untuk pengguna umum oleh Google pada 19 Oktober 2021 yang lalu.

Untuk saat ini, penerus Android 11 ini menyediakan update untuk beberapa Smartphone. Namun, Google menjanjikan update ke Android 12 ke Smartphone lain melalui OTA (Over-The-Air).

Lalu apa saja Fitur yang dibawa oleh Android 12? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih jelas Fitur pada Android versi terbaru ini.

1. Material You

photoMaterial You salah satu fitur terbaru di Android 12. - (Figma)

Material You merupakan salah satu Fitur baru yang dihadirkan Google pada Android versi terbaru ini. Hadirnya Fitur ini akan semakin mempercantik tampilan antarmuka pada Smartphone.

Sejatinya, Fitur ini adalah yang pertama kali diperkenalkan oleh Google ketika mengenalkan Android 12 pada event Google I/O 2021 beberapa bulan lalu.

User Interface (UI) ini dinamakan Material You karena tampilan antarmuka dapat disesuaikan dengan preferensi penggunanya.

Misalnya kita memasang wallpaper dengan dominasi warna biru muda, maka ikon pada notifikasi bar dan sistem akan menyesuaikan dengan dominasi warna tersebut..

Keberadaan UI Material You akan memberikan antarmuka yang lebih elegan dan minimalis. Pastinya, UI ini akan terlihat futuristik dan memanjakan mata.

2. Improvement Privacy

photoPrivasi pada Android 12 ditingkatkan. - (XDA Developers)

Dalam ajang Google I/O 2021 beberapa bulan silam, Google menjanjikan peningkatan pada Fitur privasi. Pada akhirnya Fitur tersebut resmi dibawa ke dalam Android 12.

Dengan adanya peningkatan sisi privasi, pengumpulan data yang dilakukan oleh aplikasi pihak ketiga lebih transparan dan bisa diketahui penggunanya.

Fitur ini juga memberikan pengguna kontrol yang lebih detail terhadap izin aplikasi. Tentunya, Fitur ini akan sangat menguntungkan pengguna.

Pengguna dapat melakukan manajemen privasi dengan baik terhadap aplikasi yang terinstal di dalam Smartphone.

Terakhir, Fitur ini juga menghadirkan dashboard khusus untuk pengaturan privasi. Dengan begitu, pengguna bisa mengubah opsi izin akses aplikasi dengan mudah. 

Dashboard ini juga akan memberitahukan berapa banyak aplikasi yang mengakses kamera, mikrofon dan lokasi selama 24 jam.

Baca Juga :

3. Improvement One Hand Mode

photoAndroid 12 menghadirkan update One Hand Mode. - (Somagnews)

Kabar baik buat kamu yang sering menggunakan Smartphone Android dengan satu tangan. Android 12 telah menghadirkan peningkatan pada Fitur One Hand Mode atau Mode Satu Tangan.

Peningkatan ini bertujuan agar penggunaan Smartphone dengan satu tangan terasa lebih mudah. Google melakukan perubahan desain antarmuka pada Fitur ini di Android 12. Ketika Fitur ini diaktifkan, maka antarmuka Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar Smartphone.

Dengan antarmuka seperti itu, maka pengguna akan mudah mengoperasikan Smartphone dengan satu tangan. Penggunaan One Hand Mode pada Android versi terbaru ini mirip seperti mengoperasikan Smartphone berlayar kecil yang beredar beberapa tahun silam.

Kamu bisa kembali beralih ke mode biasa dengan mengusap layar ke bagian atas atau mengetuk bagian layar tidak masuk ke dalam mode satu tangan.

4. Bermain Game tanpa Menunggu Unduhan Selesai

photoAndroid 12 memberikan pengaturan lebih saat bermain game. - (XDA Developers)

Android 12 benar-benar membawa Fitur yang unik dan memanjakan penggunanya. Tidak salah jika versi Android ini banyak ditunggu orang.

Fitur unik yang dibawa versi Android ini adalah dapat memainkan sebuah game tanpa harus menunggu unduhan tersebut selesai. Unik!

Dengan begitu kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu unduhan selesai. Kita bisa bermain sembari membiarkan proses unduh berlangsung.

Masih berhubungan dengan game, versi Android ini juga memberikan keleluasan dalam pengaturan daya ketika bermain game.

Jika kamu ingin Smartphone mengeluarkan performa terbaik ketika bermain game, kamu bisa memilih mode performance. Sedangkan jika kamu tidak peduli dengan performa dan ingin menghemat baterai, maka kamu bisa memilih mode battery life.

5. Scrolling Screenshot

photoScrolling Screenshot kini hadir di Android 12. - (XDA Developers)

Sejak 2019, Google sempat berujar jika Fitur Scrolling Screenshot atau tangkapan layar bergulir akan hadir pada Sistem Operasi Android secara default. Sayangnya, Fitur ini tidak hadir pada Android 10 dan 11.

Pada akhirnya Google membawa Fitur menarik ini pada Android 12. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar yang lebih besar dari halaman yang sedang dibuka.

Fitur ini bisa kamu gunakan dengan cara menekan tombol untuk Screenshot seperti biasa. Selanjutnya, kamu ketuk tombol “Capture More”, maka setelah melakukan Screenshot, kamu akan diberikan preview untuk melihat bagian tangkapan layar yang diinginkan. 

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri