Tes HIV Gratis Hingga Vaksinasi, Peringatan Hari Aids Sedunia di Kota Sukabumi

Rabu 01 Desember 2021, 20:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menyelenggarakan tes HIV gratis, donor darah serta vaksinasi Covid-19 di Gedung Juang 45, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole. Kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia pada hari ini Rabu (1/12/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi dr. Lulis Delawati menuturkan kegiatan tersebut merupakan puncak dari peringatan Hari Aids Sedunia. Sebab rangkaian kegiatan bertema 'Akhiri Aids Cegah HIV Akses untuk Semua' sudah berlangsung sejak Senin (29/11/2021).

Baca Juga :

"Rangkaiannya sudah berlangsung sejak hari Senin dimulai dari latihan untuk konselor HIV AIDS, Komitmen antistigma dan diskriminasi. Puncaknya Kami melakukan tes gratis HIV, donor darah serta vaksinasi," ungkap Lulis kepada sukabumiupdate.com

Dengan kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi berharap meningkatnya kesadaran serta pengetahuan dan kemandirian masyarakat untuk pencegahan penularan HIV AIDS. 

"Kami juga ingin memperkuat kemitraan kolaborasi dengan multisektor, kami berkolaborasi dengan Sarbumusi. Harapannya kedepan epidemi HIV AIDS ini bisa mengakhiri penularan HIV AIDS dengan masyarakat yang teredukasi. Dengan adanya kolaborasi ini dapat optimal melakukan strategi agar tidak adanya kasus infeksi baru, kematian serta tidak ada stigma dan diskriminasi," tukasnya.

photoTamu yang hadir dalam puncak peringatan hari AIDS Sedunia di Kota Sukabumi, Rabu (1/12/2021). - (Istimewa)</span

Selain peserta, hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya, Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) dan International Labour Organization (ILO).

"Momen ini untuk memperkuat upaya meminimalisir penyebaran kasus HIV/AIDS. Khususnya dalam mewujudkan zero kasus HIV pada 2030 mendatang," ujar Andri.

Andri menuturkan, Kota Sukabumi merupakan daerah rawan penyebaran. Sehingga keberadaan ILO dan K-Sarbumusi dapat memperkokoh upaya penanganan dan pencegahan HIV/AIDS.

Menurut Andri, peran elemen masyarakat seperti buruh sangat penting dalam pencegahan penyebaran HIV. Terutama dalam memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan HIV.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi