Light Dark

Longsor Menimbun Rumah di Mekarjaya Sukabumi, 6 Jiwa Mengungsi

Sukabumi | 29 Nov 2021, 11:20 WIB
Kondisi longsor menimbun rumah di Kampung Ciledeg RT 02/05, Desa Mekarjaya, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Bangunan tertimbun material longsoran berupa tanah dan batu cadas. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Rentetan bencana di Kabupaten Sukabumi terus bertambah panjang, itu setelah sebuah tebing Longsor Menimbun Rumah di Kampung Ciledeg RT 02/05, Desa Mekarjaya, Kecamatan Jampang Kulon.

Peristiwa tersebut terjadi Sabtu (27/11/2021) sekitar pukul 20.00 WIB dan hingga kini penghuni rumah yang berjumlah 6 jiwa masih mengungsi ke rumah kerabatnya. Dua rumah yang terdampak bencana milik H Ajid (55 tahun) dan Ratni (65 tahun). 

Baca Juga :

Perangkat Desa Mekarjaya, Budiman menuturkan pada saat itu pemilik rumah mendengar suara gemuruh tepat dibelakang rumahnya disusul dengan jebolnya tembok belakang akibat material longsoran berupa tanah merah dan batu cadas berukuran besar.

"Kerusakan pada bagian dapur mengalami jebol, yang lebih parah milik Ibu Ratni," paparnya.

photoWarga mengevakuasi material rumah yang tertimbun longsor di Kampung Ciledeg RT 02/05, Desa Mekarjaya, Kecamatan Jampang Kulon. - (Istimewa)

Kejadian tersebut, kata Budiman, diakibatkan curah hujan cukup tinggi. Hujan turun sejak pukul 17.00 WIB sedangkan kondisi tebing tanah itu berada dekat dengan pemukiman.

Panjang tebing yang longsor 50 meter dengan ketinggian 20 meter. Akibat kejadian ini rumah tidak dapat dihuni dan warga sebanyak 6 jiwa diungsikan ke rumah saudara masih di kampung tersebut.

Menurut dia, Minggu kemarin warga membantu menurunkan genteng rumah bagian belakang "Yang harus disegerakan adalah alat berat (beko) untuk melebur batu besar yang menimpa rumah, dan tebing yang masih berpotensi kembali terjadi longsor. Kemarin juga pihak Muspika sudah turun ke lokasi, dan berkoordinasi dengan BPBD," ungkapnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur