Light Dark

Akses Geopark Ciletuh Sukabumi Tertutup Longsor, Alat Berat Dikerahkan

Sukabumi | 28 Nov 2021, 01:28 WIB
Salah satu titik longsor di Jalan Loji - Puncak Darma - Palangpang. Jalan tersebut merupakan akses menuju Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com -  Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan Longsor yang menimbun ruas jalan yang menjadi akses Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/11/2021). 

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 4 PU Bina Marga Jabar, Entis Sutisna mengatakan ada dua titik Longsor di ruas Jalan Loji - Puncak Darma - Palangpang yaitu di Puncak Gebang dan Tanjakan Cimarinjung. 

Baca Juga :

Akibat Longsor tersebut, kata Entis, kendaraan tak bisa lewat. 

"Longsor di Puncak Gebang terjadi pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan Longsor di Tanjakan Cimarinjung terjadi pada pukul 21.20 WIB," jelasnya. 

Selain terjadi longsor, banjir juga merendam jalan ruas provinsi di kawasan Geopark Ciletuh. 

"Banjir di ruas Jalan Waluran -  Mareleng - Palangpang Km Bdg 215+500 & Km Bdg 217+200,” jelas Entis.

Menurut Entis, lokasi tepat banjir berada di Kampung Bakeerka dan Kampung Cidahon, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas. Banjir tersebut akibat luapan Sungai Cikalong. 

"Saat ini sebuah alat berat dari PU Bina Marga Jabar sedang menuju lokasi longsoran dan URC Bina Marga sudah dilokasi," pungkasnya.

Koleksi Video Lainnya:

5 BeritaTerpopuler Pekan Ini

Ngecrik di Sungai Cimandiri, Haji Didin Warga Citarik Sukabumi Hilang

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur