Light Dark

Mengenal Signal, Penantang WhatsApp dan Telegram

Aplikasi | 23 Nov 2021, 23:00 WIB
aplikasi Signal | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - fractionalciso.com menulis Signal menggunakan Open Whisper System untuk end-to-end mengenkripsi semua percakapan secara default. Aplikasi ini banyak direkomendasi oleh tokoh terkenal di dunia.

Mengutip tempo.co, Tidak hanya itu algoritma enkripsi open-source (karenanya, terbuka untuk dicermati), tapi juga direkomendasikan oleh ahli crypto dan penulis referensi standar "Kriptografi Terapan", Bruce Schneier.  

Dengan Signal, kunci enkripsi disimpan di ponsel dan komputer pengguna, bukan di server. Untuk menghindari potensi risiko (meskipun sangat kecil) spoofing, Anda akan diperingatkan jika kunci keamanan orang yang Anda ajak bicara berubah. 

Metode verifikasi Signal mengalahkan setiap aplikasi pesan lainnya. Pengguna dapat memverifikasi profil satu sama lain dengan memverifikasi Nomor Keamanan atau memindai kode QR yang berisi rangkaian nomor unik ini dan menandai profil sebagai terverifikasi. 

Layanan ini dirancang untuk meminimalkan data yang disimpan tentang pengguna Signal.

Aplikasi mengumpulkan sesedikit mungkin metadata dan tidak menyimpan metadata, log, atau informasi tentang penggunanya, serta tidak menyimpan catatan kontak pengguna Anda, grafik sosial, daftar percakapan, lokasi, avatar pengguna, nama profil, keanggotaan grup, judul grup.  

photoaplikasi Signal - (getty images)

Pengguna juga dapat memilih untuk menemukan kontak di buku alamat mereka. Dalam hal ini, kontak di-hash dan dikirim ke server. Pendekatan pencadangan mereka tidak hanya lebih aman, tapi disederhanakan karena obrolan tidak dicadangkan ke cloud secara default. Namun, Anda dapat mengaktifkan cadangan ke penyimpanan eksternal melalui Pengaturan yang tersedia.

Anda bahkan dapat membuat pesan yang bisa terhapus otomatis, yang tidak akan bisa diakses oleh siapapun setelah jangka waktu yang ditentukan oleh pengirim. 

Signal juga menawarkan keamanan layar untuk memblokir tangkapan layar dalam daftar obrolan terbaru dan di dalam aplikasi yang juga memblokir aplikasi lain di ponsel Anda (atau bahkan dari pengguna) mengambil tangkapan layar dari obrolan Anda di Signal.

Masalahnya di sini adalah pengaturan ini tidak menghentikan penerima untuk mengambil tangkapan layar.  

Signal juga memiliki fitur pemburaman wajah untuk membantu penggunanya tetap anonim. Ini dapat digunakan tidak hanya untuk memburamkan wajah, tapi juga untuk memburamkan informasi sensitif lainnya dalam gambar. Ini hanyalah satu contoh betapa seriusnya mereka menangani keamanan dan privasi pengguna. 

Dengan berbagai kelebihan di bidang keamanan, Signal bahkan disarankan oleh mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA), Edward Snowden, yang menyalin dan membocorkan informasi yang sangat rahasia dari National Security Agency (NSA) pada tahun 2013.

Dukungan lain datang dari Komisi Eropa telah memberi tahu stafnya untuk beralih ke Signal untuk komunikasi eksternal dengan orang-orang di luar organisasi.  

SUMBER: NAUFAL RIDHWAN ALY/TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur