Light Dark

23 November Sukabumi Diprediksi Hujan Seharian, BMKG: Rilis Peringatan Dini

Science | 23 Nov 2021, 08:29 WIB
Ilustrasi. BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika menyebut Sukabumi dan sejumlah wilayah lain di Jawa Barat berpotensi hujan seharian, dari pagi hingga malam bahkan dini hari. | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi harus menyiapkan perlengkapan hujan jika ingin beraktivitas di luar. BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika menyebut Sukabumi dan sejumlah wilayah lain di Jawa Barat berpotensi hujan seharian, dari pagi hingga malam bahkan dini hari.

Pola cuaca ini diduga terkait keberadaan siklon tropis paddy yang terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa. Badai Paddy tulis BMKG dalam portal resminya, akan berdampak pada konfluensi, konvergensi dan belokan angin sehingga berpotensi meningkatkan curah hujan dan gelombang di perairan selatan.

BMKG menyebut siklon tropis Paddy memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa;

- Potensi hujan dengan intensitas Sedang - Lebat di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan NTB. 

- Gelombang laut ketinggian 1.25 - 2.5 meter (Moderate) dapat terjadi di Perairan Barat Bengkulu, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sunda bagian utara, Perairan selatan Jawa Timur hingga Sumbawa, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTB.

- Gelombang laut ketinggian 2.5 ¿ 4.0 meter (Rough Sea) dapat terjadi di Perairan barat P. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan Selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa tengah, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga Selatan Jawa Tengah.

Baca Juga :

BMKG Bandung hari ini mengeluarkan prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat untuk tanggal 23 November 2021. Berikut prediksinya; 

- Pagi hari : Berpotensi hujan ringan di wilayah Kab Kuningan, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Garut, Kab dan Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kab Purwakarta dan Kab Cianjur. Potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kab Sukabumi, Kab Bogor, Kab Indramayu, Kab Majalengka, Kab dan Kota Cirebon, Kab Sumedang, Kab Pangandaran Kab Ciamis, Kota Banjar, dan Kab Subang. 

- Siang dan Sore hari : Berpotensi Ringan hingga sedang di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kab dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kab Cianjur, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab dan Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Garut, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Kuningan, Kab Ciamis, Kota Banjar dan Kab Pangandaran.

- Malam hari :  Berpotensi hujan ringan di wilayah Kab dan kota Sukabumi, Kab dan Kota Bogor, Kab Cianjur, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab Kuningan, Kab Majalengka dan Kab Sumedang

- Dini Hari: Berpotensi hujan ringan di Kab dan Kota Sukabumi, Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Bekasi, Kab Indramayu, Kab Cirebon, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis dan Kab Pangandaran,

photoCitra Satelit Himawari 8 EH, Selasa 23 November 2021 - (BMKG)

- Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Utara :  22 - 33 derajat celcius

- Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Selatan : 18 - 32 derajat celcius

- Kelembaban udara Jawa Barat bagian Utara : 60 - 95 persen

- Kelembaban udara Jawa Barat bagian Selatan : 60 - 97 persen

 - Angin : Secara umum  bertiup dari arah Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

BMKG juga merilis peringatan dini untuk tanggal 23 November 2021. "Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi, siang hingga malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kab dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kab Cianjur, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab dan Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Garut, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Kuningan, Kab Ciamis, Kota Banjar dan Kab Pangandaran."

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur