Light Dark

5 Manfaat Kunyit: Hilangkan Racun hingga Ringankan Gejala PMS

Gaya Hidup | 22 Nov 2021, 11:35 WIB
Ilustrasi kunyit | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kunyit merupakan salah satu rempah yang bisa Anda temukan dalam berbagai masakan. Kurkumin yang ditemukan dalam Kunyit diketahui memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, yang bekerja sebagai penguat kekebalan alami.

Dilansir dari laman Times of India, telah terbukti secara ilmiah bahwa kunyit memiliki beberapa manfaat kesehatan, bahkan dapat mencegah kanker dan Alzheimer. Tidak hanya itu, menambahkan kunyit ke dalam menu diet pun dapat meningkatkan kesehatan jantung.

photoIlustrasi kunyit. - (Ndtv.com)

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila mengonsumsi kunyit.

1. Menyembuhkan Penyakit

Kunyit dikenal mampu membantu menyembuhkan sinus, nyeri sendi, gangguan pencernaan, flu, dan batuk. Bahkan konsumsi Kunyit setiap hari juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan sejumput Kunyit bubuk ke minuman seperti susu dan teh. 

2. Menghilangkan Racun

Kunyit adalah antioksidan yang bermanfaat bagi luar dan dalam tubuh. Untuk bertahan hidup, seseorang harus mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak dan protein. Namun, seringkali beberapa dari kita tidak mengontrol makanan dan minuman yang masuk sehingga berpotensi menjadi racun. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung Kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya karena membantu membuang racun pada tubuh.

3. Meringankan Gejala Menstruasi

Studi menunjukkan, suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, Kunyit juga diketahui dapat meredakan keram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. 

4. Meredakan Rasa Gatal

Kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan penyakit ginjal kronis. Anda bisa mengonsumsi Kunyit tiga kali sehari selama delapan minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal. 

5. Mengurangi Depresi

Mengonsumsi Kunyit juga mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan kurkumin yang terkandung dalam Kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik. 

Manfaat Kunyit memang cukup banyak. Namun, gunakanlah Kunyit secukupnya dan hindari konsumsi secara berlebih, baik dalam bentuk asli maupun suplemen.

KONTRIBUTOR: AURA ALYA KAUTSAR

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur