Light Dark

Hindari 4 Makanan Ini agar Tak Mudah Lapar, Salah Satunya Nasi

Gaya Hidup | 19 Nov 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi makanan nasi. | Getty Images

SUKABUMIUPDATE.com - Rasa lapar merupakan cara tubuh dalam memberitahu bahwa membutuhkan banyak makanan. Namun, bagi sebagian orang, rasa lapar dapat terus terjadi bahkan setelah makan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya karena faktor Makanan yang dikonsumsi.

Beberapa Makanan mengandung ragam komposisi nutrisi di dalamnya. Dilansir dari healthline.com, Makanan yang mengandung banyak protein dan serat lebih cepat membuat kenyang. Sementara itu, Makanan dengan kandungan gula tinggi justru dapat menyebabkan timbulnya rasa lapar lebih cepat. Melansir dari berbagai sumber, berikut 4 makanan yang bisa menyebabkan tubuh lebih mudah merasa lapar.

1. Nasi Putih

Indeks glikemik tinggi pada nasi putih menyebabkan kenaikan kadar gula darah pada tubuh. Hal ini karena karbohidrat dalam nasi putih yang sederhana membuatnya jadi mudah terurai menjadi partikel gula. Hal inilah yang dapat meningkatkan rasa lapar. Karena itu, konsumsi nasi merah atau nasi basmati lebih disarankan sebab dapat mencegah rasa lapar lebih lama.  

2. Jus Buah

photoIlustrasi jus buah - (pixabay.com)

Jus buah merupakan Makanan yang mengandung konsentrasi gula tinggi. Dilansir dari ahchealthenews.com, meskipun kaya akan vitamin, konsumsi jus buah membuat cepat lapar. Hal ini karena jus dapat menyebabkan kenaikan dan penurunan gula darah dengan cepat. Penurunan darah ini mengakibatkan tubuh mudah merasa lapar.

3. Keripik Kentang

Mengutip dari time.com, keripik kentang menjadi salah satu Makanan yang membuat cepat lapar. Sebab, keripik kentang termasuk ke dalam karbohidrat olahan, sehingga ketika mengonsumsinya dapat meningkatkan kadar gula darah. Dalam proses pengolahan keripik kentang, beberapa bahan pun turut ditambahkan, seperti garam dan minyak. Kondisi ini menyebabkan kentang kehilangan fungsinya sebagai bahan Makanan mengenyangkan.

4. Yoghurt

Beberapa merek yoghurt mengandung banyak gula dan teksturnya yang lembut membuat yoghurt tidak perlu dikunyah. Kedua hal tersebut membuat yoghurt menjadi Makanan yang membuat cepat lapar. Sebab, melansir dari webmd.com, mengunyah dapat meningkatkan rasa kenyang, tetapi yoghurt tidak memenuhi syarat itu. Kandungan gula tinggi dan lemak yang rendah pada yoghurt membuatnya tidak bisa memberikan rasa kenyang.

SUMBER: TEMPO/NAOMY A NUGRAHENI

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur