Light Dark

Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka, Harus Vaksin atau Tes Covid-19

Jawa Barat | 16 Nov 2021, 22:09 WIB
Peta jalur pendakian resmi Gunung Gede Pangrango | dok Balai Besar TNGGP

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar baik bagi anak gunung, Jalur pendakian Gunung Gede-Pangrango itu kembali dibuka melalui Surat Edaran Nomor 1671 dan 1672/BBTNGGP/Tek.2/11/2021 Tentang Pembukaan Kegiatan pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Pembukaan ini terkait status PPKM terbaru Kabupaten Cianjur ke level 2, sehingga pendakian dari jalur Cibodas dan Gunung Putri kembali dibuka mulai Rabu 17 November 2021.

Mengutip akun resmi Balai Besar TNGGP, Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 60 Tahun 2021 yang menyatakan Kabupaten Cianjur sudah berada di PPKM level 2. Surat yang ditandatangani Plt Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja menjelaskan kegiatan pendakian, aktivitas wisata serta berkemah di kawasan TNGGP sudah dapat dilakukan setelah wilayah Cianjur masuk dalam PPKM level 2. 


Advertisement

"Para pendaki maupun wisatawan harus tetap mematuhi protokol kesehatan, saat memasuki kawasan TNGGP, dan wajib menunjukan bukti telah menjalani vaksin," katanya saat dikonfirmasi suara.com melalui sambungan telepon, Selasa (16/11/2021). 

Selain itu diwajibkan untuk mematuhi prokes, kata dia, kuota pendakian juga dibatasi sebesar 25 persen dari kapasitas.  "Iya akan kembali dibuka,Rabu besok. Meskipun, berada di level 2 harus mematuhi protokol kesehatan dan wajib menunjukan bukti sertifikat vaksinasi atau tes covid-19 baik PCR maupun antigen," katanya. 

photoFlyer pembukaan pendakian Gunung Gede Pangrango - (dok Balai Besar TNGGP)


Advertisement

Wasja meminta, para pendaki agar tetap mematuhi dan taat dengan aturan yang telah ditetapkan, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan membawa sampah kembali dari atas gunung. "Agar tidak terjadi kerumunan atau kepadatan, pendaki kita batasi hanya untuk sebanyak 300 orang. Kami mohon para pendaki juga agar mematuhi aturan yang berlaku di Kawasan TNGGP," ucapnya. 

Baca Juga :

Dalam surat tersebut tidak dicantumkan jalur Salabintana Kabupaten Sukabumi. Seperti diketahui ada tiga pintu pendakian resmi di Gunung Gede Pangrango yaitu dua di Cianjur yaitu Gunung Putri, Cibodas dan Salabintana (Kabupaten Sukabumi).

Namun dalam flyer atau poster digital TNGGP soal pembukaan kembali jalur pendakian dan wisata ini, dicantumkan Sukabumi (Situ Gunung). Redaksi sukabumiupdate.com masih berusaha mengkonfirmasi kabar pembukaan kembali wisata Situ Gunung ini kepada kepala resort setempat.

Koleksi Video Lainnya:

Warga Cipanengah Sukabumi Heboh, Lutung Muncul di Sekitar Sungai Cipelang

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur