Light Dark

Pemicu Rumah Ambruk di Kadudampit Sukabumi Terungkap

Sukabumi | 09 Nov 2021, 09:00 WIB
Penyebab ambruknya rumah warga di Kadudampit Sukabumi terungkap, salah satunya faktor posisi rumah yang berdiri di atas gorong-gorong air | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa rumah ambruk milik warga Kampung Sengked RT 13/03, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, dipicu oleh sejumlah faktor. Salah satu penyebab adalah posisi rumah tersebut berada di atas gorong-gorong saluran air menuju sungai. 

Hal ini terungkap berdasarkan penjelasan Kepala Desa Kadudampit, Iip Firdaus. Karena lokasinya tersebut mengakibatkan tanah tempat berdirinya rumah menjadi gembur.


Advertisement

Baca Juga :

"Setelah diselidiki ada gorong gorong air di atas rumah tersebut. Sehingga saat hujan deras dengan intensitas tinggi membuat tanah tak kuat menahan air. Dan posisi rumah memang berada di bawah lahan pesawahan,” ujarnya, Senin (8/11/2021) kepada wartawan

Beruntung, kata Iip, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Karena saat kejadian para penghuni rumah berada di luar. 


Advertisement

photoRumah ambruk di Kadudapit,Sukabumi - (Istimewa)

“Saat kejadian, berdasarkan pengakuan pemilik rumah terdengar suara yang mungkin berasal dari retakan dari bawah tanah sehingga penghuni pergi keluar untuk mengeceknya. Padahal saat itu hujan masih turun," tutur Iip. 

Sementara itu pemilik rumah, Sapturi mengatakan saat kejadian terdengar suara seperti kabel listrik terbakar. Karena penasaran Ia dan keluarganya memutuskan untuk keluar rumah.

“Ternyata mungkin bunyi tersebut datang dari bawah rumah saya, kini saya terpaksa ngungsi dirumah sodara,” ungkapnya. 

Sebelumnya peristiwa detik-detik ambruknya rumah Sapturi ini terekam video warga, Minggu (7/11/2021). 

Image

Riza

Image

Toni Kamajaya