Light Dark

Indonesia Siapkan Senjata Nuklir untuk Serang Cina? Ini Kata Kominfo

Cek Fakta | 08 Nov 2021, 23:00 WIB
Bendera Indonesia | freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan, beredar sebuah unggahan video YouTube dengan judul "BERITA TERKINI - BIKIN GEGER DUNIA, Indonesia SIAPKAN BOOM Nuklir HANCURKAN CHINA".

Kementerian Kominfo, Ahad, 7 November 2021 menyebut, pada thumbnail video diperlihatkan gambar sebuah kota dan beberapa persenjataan yang diklaim sebagai persenjataan nuklir. Unggahan video tersebut memberikan informasi seolah Indonesia sedang melakukan persiapan untuk menyerang Cina. 


Advertisement

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Kementerian Kominfo mengatakan, diketahui bahwa klaim Indonesia tengah mempersiapkan persenjataan Nuklir guna melakukan penyerangan terhadap Cina tersebut adalah keliru dan tidak memiliki sumber kredibel.

photoBendera Cina. - (Istimewa)

Dari hasil penelusuran, isi video yang berdurasi 10:05 tersebut menampilkan beberapa cuplikan video yang pernah diunggah oleh beberapa channel YouTube, namun mayoritas cuplikan video tersebut diambil dari beberapa channel YouTube luar negeri.

Saat ini Indonesia masih terkait perjanjian dengan negara-negara anggota ASEAN terikat kawasan bebas senjata Nuklir atau Southeast Asia Nuclear Weapon Free-Zone (SEANWFZ) atau Traktat Bangkok yang ditandatangani pada 15 Desember 1995.


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur