Light Dark

Di Atas Mo Salah, Jokowi Masuk Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Figur | 03 Nov 2021, 08:47 WIB
Presiden Jokowi masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh di dunia atau The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2022. | Setkab RI

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi masuk dalam jajaran tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia atau The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2022. Jokowi bersanding dengan sejumlah kepala negara dan posisinya ada di atas pesepak bola Liverpool, Mo Salah.

Dilansir dari situs resminya, Joko Widodo berada di urutan ke-13. Dari Indonesia, selain Jokowi ada pula Said Aqil Siradj yang berada di urutan ke-19.

Di urutan pertama tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia adalah Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani, yang merupakan Emir Qatar. Ia menjadi pemimpin Qatar di usia 33 tahun setelah ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani, turun tahta pada Juni 2013.

Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi berada di urutan kedua, sedangkan urutan ketiga tokoh Muslim paling berpengaruh adalah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Di urutan keempat adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

photoPenyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan gol ketiganya ke gawang Manchester United di Old Trafford, Ahad, 24 Oktober 2021. - (Sky Sports)

Uniknya ada pula pemimpin Taliban dalam jajaran tokoh Muslim berpengaruh yaitu Haibatullah Akhundzada. Ia berada di urutan ke-50. Akhundzada disebut sebagai pemimpin Taliban yang peduli terhadap pendidikan anggotanya. Sementara Mohamed Salah ada di urutan ke-41.

The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims adalah survei tahunan yang dilakukan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman. Selain pemimpin negara, ada pula penghargaan untuk tokoh agama, tokoh politik, sosial, budaya, akademisi, pengusaha, ilmuwan, seniman, dan atlet.

SUMBER: TEMPO | THEMUSLIM500.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur