Light Dark

Pemkot dan KPU Kota Sukabumi Teken Kerjasama Jelang Pemilu 2024

Sukabumi | 03 Nov 2021, 07:00 WIB
Wali Kota Achmad Fahmi menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara KPU Kota Sukabumi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kantor KPU, Selasa (2/11). Kerjasama ini dalam rangka persiapan pemilu 2024. | dokumentasi pimpinan Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Achmad Fahmi menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara KPU Kota Sukabumi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kantor KPU, Selasa (2/11). Kerjasama ini dalam rangka persiapan pemilu 2024.

Kerjasama ini tentang Kemitraan dalam rangka meningkatkan Kapasitas Peran Serta dan Partisipasi Pemilih melalui Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Dalam momen ini hadir Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Kepala Badan Kesbangpol Yudi Yustiawan serta perwakilan KPU Jawa Barat. 


Advertisement

''Kerjasama ini dalam rangkaian persiapan Pemilu 2024 agar masyarakat terlibat aktif dalam pemilu dan ditunjukkan partisipasi meningkat hasil pemilu dapat dipertanggungjawabkan,'' ujar Wali Kota  Achmad Fahmi dikutip dari portal Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi. 

Pada pemilu sebelumnya partisipasi pemilih di Kota Sukabumi sekitar 86 persen. Bersyukur kata Fahmi, KPU bersinergi dengan pemkot menggagas pilot project DP3 di Kelurahan Gunungparang yang jadi inspirasi bagi kelurahan lainnya, sehingga partisipasi pemilih menjadi meningkat. 

Partisipasi masyarakat dalam pemilihan penting karena keberlangsungan pembangunan salah satunya ditentukan dalam pemilu. Semakin tinggi partisipasi pemilih akan memperkuat kualitas dari pemilu.

''Kesbangpol dan aparat wilayah edukasi dan sosialisasikan pentingnya warga terlibat dalam pemilihan,'' cetus Fahmi. 


Advertisement

photoWali Kota Achmad Fahmi menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara KPU Kota Sukabumi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kantor KPU, Selasa (2/11). - (Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi)

Sebab waktu dua tahun bukan waktu panjang waktu dan harus melakukan penyadaran mereka aktif dalam pemilihan sejak sekarang. 

Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami mengatakan, kegiatan kali ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama KPU dengan pemkot dihadiri ketua KPU pusat dan provinsi. 

Baca Juga :

''Perjanjian kerjasama kali ini turunan dari sebelumnya, sebagai mitra strategis meningkatkan partisipasi pemilih dan berperan serta jelang pemilu 2024,'' kata dia.

Sebelumnya, Kota Sukabumi launching Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Peluncuran DP3 ini langsung dilakukan oleh Ketua KPU Republik Indonesia Ilham Saputra di Balai Kota Sukabumi, Jumat, 24 September 2021 lalu.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur