Light Dark

Rp 1,7 Miliar Cair 2 Tahap, Kadeudeuh Jabar untuk Atlet Peraih Medali PON Papua

Arena | 27 Oct 2021, 18:28 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan kadeudeuh kepada atlet peraih medali PON XX Papua 2021 dan Paralympic Tokyo 2020 secara simbolis di Halaman Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021). | Yogi Prayoga S./Biro Adpim Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan penghargaan dan kadeudeuh kepada peraih medali PON XX Papua 2021 dan Paralympic Tokyo 2020.  Penyerahan kepada para atlet Jabar ini dilakukan secara simbolis di Halaman Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021). 

"Hari ini kita memberikan hadiah bonus kepada para atlet terbagi dua, yaitu Paralympic karena ada satu medali emas dan perak dipersembahkan oleh atlet Jabar," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil dikutip dari Humas Jabar.

"Kemudian adalah atlet-atlet PON berkisar dari medali emas, perak, perunggu, dan rekor yang mendapatkan bonus tertinggi yaitu Aflah Fadlan Prawira dari cabang olahraga renang dengan total hadiah bonusnya Rp1,7 miliar," imbuhnya. 

Kang Emil menuturkan, bonus akan diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama pada tahun ini, sedangkan tahap kedua akan diberikan pada anggaran tahun depan.

"Jabar juga apa adanya memberikan ini menjadi dua tahap. Tahap pertama 50 persen sekarang dengan acara hari ini. Sisanya, kami lengkapi di anggaran 2022. Karena kita tahu selama pandemi COVID-19 seluruh instansi kenegaraan mengalami defisit dan kehilangan," ucapnya. 

Selain menjadi juara umum dalam PON XX Papua 2021, kata Kang Emil, Provinsi Jabar berhasil meraih gelar juara umum dalam berbagai ajang, yakni Pekan Olahraga Pelajar, Pekan Olahraga Santri, Pekan Olahraga Korpri, dan Pekan Olahraga Tradisional. 

“Kami juga juara umum di Pekan Olahraga Pelajar, juara umum di Pekan Olahraga Santri, juara umum di Pekan Olahraga Korpri, juara umum di Pekan Olahraga Tradisional minggu lalu,” tuturnya. 

Menurut Kang Emil, keberhasilan meraih gelar juara umum dalam berbagai ajang menunjukkan bahwa masyarakat Jabar gemar berolahraga. Ia berharap semangat juara atlet-atlet Jabar menular pada sektor lain. 

“Kami sedang bahagia lahir batin. Pertama Jabar adalah masyarakat juara, masyarakat yang senang olahraga, semangat berjuang itu tercermin di era modern yaitu perjuangan olahraga. Kami berhasil menjadi juara PON Papua melanjutkan juara umum di 2016,” katanya. 

photoApresiasi pemda kepada atlet kota sukabumi peraih medali di PON XX Papua 2021 - (istimewa)

Seperti diberitakan sebelumnya, Dalam PON XX Papua tahun 2021, Jawa Barat mempertahankan gelar juara umum. Dari 353 medali yang diraih kontingen Jabar, 16 diantaranya disumbang para atlet asal Kota dan Kabupaten Sukabumi, termasuk 1 medali kejuaraan eksebisi. 

15 medali yang disumbang atlet Sukabumi untuk kontingen Jabar di PON Papua ini, 9 dari atlet kota dan 7 dari kabupaten, termasuk 1 medali eksebisi. Mengutip postingan Wali Achmad Fahmi, 9 medali dengan rincian rincian 2 Emas, 3 Perak, 4 Perunggu, yang disumbang atlet Kota Sukabumi berasal dari 

1. M. Alfiana (Hockey Indoor) medali Emas 

2. Pramudya Kusumarwardana (Ganda Putra Perorangan dan Beregu Putra) medali Emas dan Perak

3. Pradini Sri Rahayu (Anggar Sabel Putri Beregu) medali Perak

4. M. Ghailan Rizka (Bola tangan) medali Perak

5. Waldi Nurhamjah (Hockey Outdoor) medali Perunggu

6. Alianza Ladelmi (Hockey Outdoor) medali Perunggu

7. Rizkita Yudansha (Kempo Embu Berpasangan) medali Perunggu

8. Annisa Septiani (Kempo Embu berpasangan) medali Perunggu 

Pemkot Sukabumi sendiri sudah lebih dulu memberikan kadeudeuh untuk 8 atletnya pada Minggu, 24 Oktober 2021 lalu di Balai Kota, dilanjutkan kirab atlet di keliling Kota.

Achmad Fahmi dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas prestasi para atlet termasuk pelatih. Sebab, dari delapan orang yang dikirim ke PON Papua, semuanya berhasil meraih prestasi.

Dalam kesempatan ini, para atlet menerima kadeudeuh dari Pemerintah Kota Sukabumi yang terdiri dari bonus uang Rp 35 juta untuk peraih medali emas, Rp 25 juta peraih medali perak, peraih medali perunggu Rp 15 juta, dan pelatih mendapatkan bonus Rp 12,5 juta. Selain itu, para atlet dan pelatih juga mendapatkan bonus dari KONI Kota Sukabumi.

Sementara 7 medali lainnya disumbang oleh para atlet dari Kabupaten Sukabumi, juga mendapatkan apresiasi dari KONI. Mengutip rilis Koni Kabupaten Sukabumi medali-medali ini dikumpulkan oleh 7 atlet yaitu;

1. Ujang Hasbullah (Dayung) medali Emas

2. Ria Ristiani dan Hanifa Halimatusyadiah Suandi (Sepak Bola Putri) medali perak

3. Apriandi Dipinubun (Tinju) medali perunggu

4. Fira Firliana Y (Atletik lempar lembing) medali perak

5. Sri Ranti (Panahan Putri) medali perak

6. Kahea Abdilah Zulpikar (Layar) medali perunggu

7. Dede Suryana, (Surfing) medali perak kejuaraan eksebisi

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur