Enam Air Terjun di Indonesia yang Memanjakan Mata, Salah Satunya di Sukabumi

Sabtu 30 Oktober 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berkunjung ke air terjun atau Curug merupakan pilihan yang tepat untuk merefresh diri di akhir pekan, setelah berjibaku menjalankan aktifitas sehari-hari, baik pekerjaan maupun sekolah.

Selain terkenal dengan kulinernya, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan alamnya serta tempat wisata yang beragam, salah satunya Curug.

Baca Juga :

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Ingatkan Warga Ancaman Longsor dan Banjir

Ada banyak sekali Curug di Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang dapat kamu kunjungi. Mulai dari yang berukuran pendek, sedang hingga tinggi.

Karena letaknya yang berada di tengah alam, untuk  menikmati indahnya pemandangan air terjun kamu harus melakukan trecking sebanyak beberapa kilo untuk sampai ke tujuan.

Baca Juga :

Beberapa air terjun yang masih tersembunyi di tengah alam memiliki akses jalan yang tidak mudah. Namun tenang saja, karena beberapa tempat wisata air terjun sudah memiliki Tour Guide yang siap memandu perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 6 air terjun di Indonesia yang wajib kamu kunjungi:

1.  Curug Kiara

Curug yang memiliki ketinggian 50 meter ini terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan. Pengunjung akan dibuat takjub selama perjalanan dengan adanya pemandangan yang indah.

Sesampainya di tempat parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dihiasi dengan persawahan milik warga.

Baca Juga :

Setelah itu kamu harus menaiki tanjakan yang lumayan curam, sehingga kamu harus berhati-hati melangkah dan menggunakan alas kaki yang kuat dan tidak licin.

Lalu kamu akan melewati jalan kecil yang diapit oleh saluran air dan jurang di sebelah kirinya juga turunan yang terbuat dari bebatuan. Jadi kamu harus tetap fokus jangan sampai hal buruk menimpamu.

Kemudian kamu akan melewati jembatan dan menuruni anak tangga yang terbuat dari bambu yang akan membawamu lebih dekat dengan air terjun. Curug Kiara dibuka setiap hari selama 24 jam dan tiket masuk dibagi menjadi dua, yaitu tiket parkir sebesar Rp 10.000 dan tiket masuk curug sebesar Rp 10.000.

Baca Juga :

2. Air Terjun Moramo

Curug yang berada di kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa daerah Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki keindahan yang membuat mata tak mau berkedip.

Untuk sampai ke air terjun, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 1,2 km dari tempat parkir. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhi sejuknya alam hutan dan kicauan burung serta semilir angin yang asri.

Sesampainya di lokasi, kamu akan terkagum dengan keindahan dan kesegaran air terjun Moramo yang bertingkat-tingkat. Airnya yang jernih dikelilingi pepohonan yang rindang membuatmu enggan pergi.

Arusnya yang tidak deras, cocok sekali untuk kamu yang suka berenang. Tiket masuk Air Terjun Moramo ini dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

photoCurug Bibijilan di Kabupaten Sukabumi - (Sukabumigetlost)</span

3. Air Terjun Bibijilan

Memanjat tebing ditengah derasnya guyuran air terjun atau Climbing Shower seperti di Air Terjun Kanon, Nanayama Takigawa, cukup berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.

Curug Bibijilan berlokasi Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Berada di dalam area wisata Buni Ayu yang merupakan kawasan Gua Kars berusia ratusan tahun yang lalu. Curug ini memiliki ketinggian tebing sekitar kurang lebih 100 meter. 

Airnya bersumber dari perut bumi yang mengalir diantara bebatuan yang mengandung kapur. Air Bibijilan bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki.

Baca Juga :

4. Air Terjun Kapas Biru

Curug yang biasa disebut dengan Coban Kapas Biru merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Karena keindahannya yang memikat, Coban Kapas Biru ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar pulau jawa.

Coban Kapas Biru dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan bahkan Indonesia, karena ketinggiannya yang mencapai sekitar 100 meter lebih. Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 90 meter, sedangkan tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Letaknya yang diapit oleh tebing ini membuat visualnya begitu indah. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus persiapkan fisik yang prima. karena kamu akan melewati anak tangga yang curam dan memiliki lebar yang cukup sempit, sehingga kamu harus bergantian untuk melewatinya dan berhati-hati.

Pengunjung yang datang ke air terjun Kapas Biru tidak dipungut biaya sepeserpun untuk bisa menikmati pemandangan dan kesegaran air terjun ini.

Baca Juga :

5. Air Terjun Penimbungan

Air terjun Penimbungan adalah salah satu air terjun cantik yang berada di Lombok, tepatnya berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Segara Anak, yaitu danau yang berada tepat di tengah-tengah jejak letusan Gunung Rinjani.

Air terjun ini biasa dikunjungi oleh para pendaki yang melewati jalur Torean. Untuk sampai ke Air terjun Penimbungan, kamu dapat menempuh kurang lebih dua jam perjalanan dari Dusun Torean yang terletak di ketinggian 1.156 mdpl. Arusnya yang deras dan airnya yang biru, kerap kali mengundang kabut di bawahnya.

Namun, kamu hanya bisa menikmati keindahan air terjun dari atas Lembah Sungai Putih, karena jalur untuk menuju ke bawah air terjun sangat terjal dan berbahaya.

6. Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun ini berada di dataran rendah sehingga akses menuju lokasi terbilang cukup mudah, tepatnya di daerah Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali.

Air terjun yang dianggap suci oleh adat setempat ini merupakan tempat suci atau beji untuk Mendak Toya Ning (Mencari Air Suci) yang digunakan dalam upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

Baca Juga :

Bentuk air terjunnya yang berundak-undak bak terasering, membuat Kanto Lampo Waterfall ini terlihat unik dan indah. Kalau kamu berani, kamu bisa menaiki dan duduk di tebing air terjunnya loh! tapi, pastikan kamu berhati-hati dan alas kakimu tidak licin ya!

Air terjun yang terbentuk akibat luapan air di dalam tanah yang tersumbat ini dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.30 dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Itulah ke lima Air Terjun di Indonesia yang bisa kamu nikmati keindahannya untuk berlibur atau sekedar refreshing. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan alam ya.

KONTRIBUTOR : AURA ALYA KAUTSAR

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)