Light Dark

Kopi Campur Lemon Bermanfaat untuk Diet? Kominfo Luruskan Informasinya

Cek Fakta | 24 Oct 2021, 22:00 WIB
(Foto Ilustrasi) Beredar hoaks yang menyebut kopi dicampur lemon bisa bermanfaat untuk diet. | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut telah beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan yang mengeklaim bahwa Kopi yang dicampur perasan air Lemon atau jeruk nipis dapat bermanfaat menurunkan berat badan atau Diet apabila diminum rutin.

Kementerian Komunikasi dan Informatika di website resminya yang dikutip pada Ahad, 24 Oktober 2021 menyatakan, klaim yang mengatakan bahwa kopi yang dicampur dengan perasan air lemon atau jeruk nipis dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan apabila diminum secara rutin adalah salah.

Melansir dari health.detik.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan, ahli nutrisi dan fisiologi dari Sheffield Hallam University, Mayur Ranchordas mengatakan bahwa Kopi dan Lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan.


Advertisement

photoIlustrasi lemon. - (Unsplash.com/Han Lahandoe)

"Kafein yang terdapat pada Kopi memang mampu untuk meningkatkan metabolisme. Namun, dampak yang dimunculkan tidak akan terlalu signifikan," tulisnya. Kementerian Kominfo pun memasukkan informasi ini ke dalam kategori hoaks.

Factcheck.afp.com, president of the French-speaking Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM), Pierre Dechelotte juga menjelaskan bahwa kopi, baik panas atau dingin tidak dapat memicu terjadinya penurunan berat badan. Lemon mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan, tetapi juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan.


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur