Light Dark

Rusak Masjid di Tegalbuleud Sukabumi, ODGJ Ngamuk Bawa Kapak

Sukabumi | 23 Oct 2021, 10:25 WIB
Ilustrasi, Bangunan Masjid dan Madrasah Al Istiqomah di Kampung Langensari RT 02/02 Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat jadi sasaran amuk ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Bangunan Masjid dan Madrasah Al Istiqomah di Kampung Langensari RT 02/02 Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat jadi sasaran amuk ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Kejadian berlangsung Sabtu (23/10/2021), sekitar pukul 06.00 WIB pagi.

Menurut sejumlah saksi, pelaku datang dan langsung merusak Masjid dan madrasah. ""Diduga penyakitnya kambuh, tiba-tiba dia datang langsung merusak kaca masjid dan madrasah bagian depan. Pelaku bawa senjata tajam mirip kapak," Kata DKM Masjid Al Istiqomah, Yudiansyah kepada sukabumiupdate.com.

Bukan hanya merusak bangunan, jelas Yudiansyah, dia pun masuk mengambil Al quran, dan kitab-kitab lalu dibuang di depan masjid. Bahkan pelaku juga merusak Bedug serta kohkol yang ada di masjid tersebut.

Pelaku adalah pria berusia 40 tahun warga Kampung Talanca RT 01/ 02 Desa Tegalbuleud yang sudah diketahui warga sebagai ODGJ, kurang lebih 10 tahun terakhir. 

photoBangunan Masjid dan Madrasah Al Istiqomah di Kampung Langensari RT 02/02 Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat jadi sasaran amuk ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). - (istimewa)

"Mungkin sedang kambuh. Biasanya ngamuk kalau obat yang biasa dimakannya habis. Pengakuan keluarganya memang begitu, karena keterbatasan ekonomi kadang bisa beli obat kadang tidak," sambung Yudiansah.

Baca Juga :

Dua tahun yang lalu pelaku juga sempat ngamuk karena habis obat. Warga khawatir karena pria ini sering bawa senjata tajam. "Setelah merusak masjid langsung pergi," ungkapnya.

Warga dan keluarga juga langsung mencari pelaku karena khawatir mengamuk di tempat lain. "Kami berhadap dinas terkait bisa membantu keluarga untuk menolong merawat pria ini," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur