Pengamat Sejarah Beberkan Kenapa Nol Kilometer Sukabumi di Jalan A Yani

Kamis 21 Oktober 2021, 10:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Teka-teki di mana titik nol kilometer Sukabumi terus dibahas. Kali ini, Pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah turut memberikan pandangannya ihwal di mana lokasi yang menentukan dimulainya penghitungan jarak Sukabumi dengan daerah lain tersebut.

Irman mengatakan, nol kilometer Sukabumi saat ini sudah berpindah ke Jalan Bhayangkara (depan kantor PLN). Ini terkait perubahan jalan nasional pada 2004 yang sebelumnya melintasi Jalan Ahmad Yani, diubah ke Jalan Bhayangkara, Jalan Siliwangi, Jalan RS Bunut, dan sebagian Jalan Surya Kencana.

Perpindahan ini, kata Irman, dimungkinkan untuk keperluan penghitungan jarak trayek bus Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP karena saat itu jalan yang dilewati angkutan tersebut adalah ruas Jalan Bhayangkara, Jalan Siliwangi, Jalan RS Bunut. "Namun sekarang jalur bus AKAP berpindah lagi ke Jalan Lingkar Selatan," kata Irman, Kamis, 21 Oktober 2021.

Sebelum pindah ke Jalan Bhayangkara, Irman yang juga penulis buku "Soekaboemi the Untold Story" menjelaskan, banyak saksi mata yang menyebut, hingga 1970-an, patok nol kilometer terletak di depan toko Meubel Bandung di Simpang Tiga Jalan PGRI/Balai Desa dan Jalan Ahmad Yani, dengan lokasi tepatnya dekat tiang listrik.

"Namun saat ada ada pelebaran jalan, kemudian patok tersebut hilang," ujar Irman yang kini aktif sebagai Kepala Riset dan Kesejarahan Soekaboemi Heritages. "Asumsi depan toko Meubel Bandung memang cocok karna patok lama (2015) di Ciaul masih terlihat 1 kilometer," tambah dia.

photoDesain titik nol kilometer di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Sukabumi. - (Istimewa/Achmad Fahmi)

Baca Juga :

Titik Nol Kilometer Sukabumi Bakal Dibangun di Sini, Cek Desainnya

Irman mewajarkan jika patok nol kilometer tersebut berada di Jalan Ahmad Yani. Mengingat, dulu jalan raya itu disebut sebagai grote postweg atau Jalan Raya Pos. Jalan Raya Pos sendiri adalah jalan raya sepanjang 1.000 kilometer (621 mil) di Jawa yang membentang dari Anyer Banten hingga Panarukan di Jawa Timur.

Namun, Irman mengatakan penamaan tersebut bukan karena dibangun Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-36, Herman Willem Daendels, seperti grote postweg Anyer - Panarukan yang sebenarnya, tetapi jalan pos yang digunakan pemerintah. Jalan tersebut membelah Kota Sukabumi dan sangat ideal menjadi titik tengah untuk mengukur jalur, terutama Jakarta dan Bandung.

"Banyak yang beranggapan, seharusnya patok jalan raya itu adanya di sekitar alun-alun. Tapi perlu dipahami, pembangunan Kota Sukabumi terjadi sesudah jalan ini dibuat," ujar Irman.

Irman mengungkapkan, jalur (melewati Jalan Jenderal Ahmad Yani Sukabumi) sudah ada sejak Daendels berencana membangun Jalan Anyer - Panarukan.

Bahkan, ketika itu Daendels melakukan survei bersama Wiratanudatar III (Bupati Cianjur) dan menyimpulkan jalan melalui Sukabumi masih layak, meski sering berlumpur saat hujan. Tetapi, berkat penggunaan kerbau, jalur distribusi kopi yang menggunakan gerobak pedati masih aman. "Karena itu Daendels memutuskan untuk membangun jalur melalui puncak."

Jalan Bogor - Sukabumi (Jalan Ahmad Yani) - Cianjur yang melintasi ibukota distrik mulai Cicurug, Karangtengah, Cimahi, Gunungparang, hingga Cianjur seperti sekarang, saat itu disebut sebagai Militairenweg (jalan militer). Sebab, saat masa awal, orang Belanda memasuki wilayah Sukabumi melalui jalan tersebut, di antaranya Sersan Pieter Scipio (1687) dan Van Riebeeck (1709). Ekspedisi yang dilakukannya dalah ekspedisi militer.

Menurut De Haan, kata Irman, pada masa Thomas Stamford Bingley Raffles, tepatnya tahun 1813, seiring kebutuhan akan koordinasi dan pengumpulan pajak tanah (landrente), dilakukan pengerasan dan sedikit perbaikan jalan dari Bogor ke Sukabumi, supaya lebih layak dilewati pejabat-pejabat Inggris yang akan melakukan tugasnya.

"Jalan tersebut juga dilalui Raffles pada 1815 saat mengunjungi Andries de Willde dan mendaki Gunung Gede dan Gunung Salak. Kemajuan pertanian Sukabumi yang diangkat Wilde juga menggunakan jalan ini," kata Irman.

Sementara itu, Irman menyebut, pembangunan alun-alun diperkirakan dilakukan ketika terjadinya pemisahan Afdeling Sukabumi dari Cianjur pada 1870, sehingga penentuan kilometer sudah ada yang disebut Paal. Ukuran 1 Paal adalah 1,507 kilometer. Itu mengacu kepada Instruksi 5 Mei 1808 10 Pasal 2.

"Dibangun lebar 2 roedrijn. Setiap 400 roedrijn, dipasang tanda berupa tonggak batu/pilar dicat putih dengan garis hitam bertuliskan jarak paal, sebagai penanda jarak sekaligus penanda tanggung jawab pemeliharaan jalan," ucapnya. "Setiap 15 Paal ada bangsal/pos yang juga digunakan sebagai tempat beristirahatnya kuda pos sehingga disebutlah Jalan Raya Pos."

Istilah Paal ini kemudian menjadi toponimi, misal ada Pal dua dekat Ciengang atau di Jakarta ada Palmerah yang dulunya menandakan jarak. Namun, saat ini ukuran yang digunakan bukan lagi Paal, tetapi kilometer. Perubahan ukuran Paal menjadi kilometer juga tentu akan mengubah titik-titik yang ada, meski seharusnya titik nol kilometer akan tetap sama. Tetapi, karena keperluan tertentu, titik nol kilometer ini berubah sehingga titik nol kilometer awal hilang. 

"Perlu kajian khusus supaya titik nol kilometer memang sesuai historikalnya. Kebetulan saat ini juga ada pembangunan trotoar, bisa sekalian dipertimbangkan untuk membangun kembali titik nol kilometer awal yang konon menurut banyak saksi mata adalah di depan toko Meubel Bandung.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sukabumi berencana membangun patok titik nol kilometer di sekitar toko Aloha (samping toko Meubel Bandung), dekat Citimall, di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Ini menjadi jawaban soal di mana lokasi yang menentukan dimulainya penghitungan jarak Sukabumi dengan daerah lain.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan pembangunan patok nol kilometer tersebut bersamaan dengan pengerjaan proyek jalur pedestrian Jalan Jenderal Ahmad Yani yang ditargetkan rampung pada Desember 2021. "Itu di Aloha, samping Citimall," kata Fahmi, Senin, 11 Oktober 2021.

Fahmi mengakui ada perbedaan pendapat tentang keberadaan titik nol kilometer Sukabumi. Ia menyebut ada yang mengatakan di Aloha, depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat, dan Pendopo Sukabumi. "Setelah dilakukan kajian dari data dan fakta yang ada, yang paling kuat itu di Aloha," ujarnya.

"Makanya kemudian bersepakat titik nol kilometer ditetapkan di Aloha yang dulu berdasarkan saksi para sesepuh ada paneng yang menyatakan di sana adalah titik nol kilometer," imbuh Fahmi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Sukabumi25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).