Light Dark

530 Meter, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Puncak Bogor

Travel | 19 Oct 2021, 06:00 WIB
Situgunung Sukabumi. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan PT Eigerindo Multi Produk Industri, bakal berkolaborasi membangun wisata baru, salah satunya jembatan gantung di wilayah Megamendung, yang merupakan | passgal.blogspot.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan PT Eigerindo Multi Produk Industri, bakal berkolaborasi membangun wisata baru, salah satunya jembatan gantung di wilayah Megamendung, yang merupakan kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Bahkan, kabar baik datang bagi masyarakat Kabupaten Bogor. Sebab, di tempat wisata baru itu juga bakal ada jembatan gantung terpanjang di dunia yang ada di Megamendung Bogor.

CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri Ronny Lukito mengatakan, lokasi wisata bertajuk Ekowisata Alam Eiger Adventure Land itu nantinya bakal dibangun di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Tidak tanggung-tanggung, Ekowisata Alam Eiger Adventure Land itu nantinya bakal menjadi salah satu objek wisata bertaraf internasional dimana nantinya bakal dibangun jembatan gantung terpanjang di dunia.

"PT Eigerindo Multi Produk Industri sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) di zona pemanfaatan barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan pemegang Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Perkebunan Nusantara (PN) VIII akan melakukan pembangunan project ekowisata alam Eiger Adventure Land," katanya, Minggu 17 Oktober 2021.

Eiger Adventure Land ini akan menjadi ekowisata alam berstandar internasional yang bertujuan untuk berkontribusi dalam konservasi alam, mendukung pelestarian budaya, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan daya tarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan mendorong percepatan ekonomi daerah.

photoMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau ke lokasi calon pembangunan Ekowisata Alam Eiger Adventure Land di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. - (Dok Pemkab Bogor)

Rencananya Ekowisata Alam Eiger Adventure Land itu bakal dibangun di atas lahan seluas 326 hektar yang membentang di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Nilai investasi diperkirakan Rp800 miliar selama 5 tahun ke depan.

"Salah satu iconic landmark yang akan kami bangun adalah cable car sepanjang 863 meter dan jembatan gantung atau suspended bridge terpanjang di dunia sepanjang 530 meter," ujar Ronny.

"Dengan doa dan dukungan dari pemerintah, besar harapan kami Eiger Adventure Land dapat menjadi salah satu objek wisata yang membanggakan untuk bangsa Indonesia," lanjutnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, kecintaan kepada tanah air yang dilakukan PT Eigerindo Multi Produk Industri, dengan melakukan investasi yang tidak kecil jumlahnya mungkin bisa dibilang yang paling spektakuler di tengah-tengah pandemi.

Dengan investasi yang besar tersebut, akan terbangun jembatan gantung atau suspended bridge terpanjang di dunia sepanjang 530 meter.

“Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya. Semoga apa yang dilakukan hari ini dapat mendorong agar ekonomi kreatif dan pariwisata segera bangkit, serta lapangan kerja segera terbuka, karena Ekowisata Alam Eiger Adventure Land akan melibatkan dan menyerap banyak sekali tenaga kerja,” katanya.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur