Light Dark

Menderita Maag Kronis, Guru Honor asal Sukabumi Tak Berdaya Biayai Pengobatan

Sukabumi | 17 Oct 2021, 18:51 WIB
Tubuh Sarifin, guru honor SD di Surade Sukabumi semakin memprihatinkan akibat menderita maag. Ia tak bisa berobat karena tersandung biaya. | Istimewa

SUKABUBUMIUPDATE.com - Nasib malang menimpa Sarifin, seorang guru honor asal Kampung Lodaya RT 09/03 Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Pria 41 tahun itu terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat menderita Maag kronis.

Sebelum dibawa ke RSUD Jampangkulon, tenaga pengajar sekolah dasar yang sudah 10 tahun menyandang predikat sebagai honorer tersebut hanya bisa berbaring lemah di rumahnya.


Advertisement

Baca Juga :

Kini Sarifin tengah menjalani perawatan intensif tim medis berkat kepedulian Jimy Ilham, relawan dari Komunitas Brutalla Surade.

"Sakitnya sudah berlangsung selama kurang lebih dua bulan, Ia mengeluh sakit bagian ulu hati," ungkap Jimy Ilham kepada Sukabumiupdate.com, Minggu (17/10/2021).

photoRelawan Komunitas Brutalla Surade saat memeriksakan kondisi Sarifin - (Istimewa)


Advertisement

"Selama mengeluhkan sakit, dia hanya bisa berobat jalan sebanyak 1 kali dan selebihnya menjalani pengobatan tradisional di kampung, " lanjut Jimy.

Karena keterbatasan ekonomi, pihak keluarganya hanya bisa pasrah menyaksikan Sarifin tergolek lemah tak berdaya di atas kasur setiap harinya.

Baca Juga :

Bukan hanya terbentur biaya pengobatan saja, penderitaan Sarifin semakin kronis lantaran keterbatasan pengetahuan keluarga untuk mengurus perawatan di rumah sakit.

"Hari Minggu pagi, para relawan dari Komunitas Brutalla Surade memutuskan untuk membawanya ke RSUD Jampangkulon," tutur Jimy.

 Untuk biaya pengobatannya akan ditanggung sementara oleh para relawan sampai adanya tanggungan dari BPJS. 

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Toni Kamajaya