Light Dark

Masih Misteri! Tiga Desa Ini Penduduknya Mayoritas Terlahir Kembar

Internasional | 17 Oct 2021, 16:00 WIB
Di dunia ini ada tiga desa yang penduduknya terlahir kembar. Sejauh ini peneliti belum bisa mengungkap penyebab fenimena tersebut. | Tangkapan layar YouTube/Drefact

SUKABUMIUPDATE.com - Melahirkan anak kembar adalah sebuah anugrah, sebab tidak semua wanita mengalaminya. Tapi bagaimana jika dalam satu desa, mayoritas penduduk wanitanya melahirkan anak kembar?

Berikut tiga tempat di dunia ini yang sebagian besar penduduknya terlahir kembar. Mana saja? Yuk simak ulasannya.


Advertisement

Baca Juga :

Kodinhi - India

Kodinhi merupakan sebuah desa terpencil yang berlokasi di Distrik Malapur, Kerala, India. Pada tahun 2017 lalu di daerah berpenduduk sekitar 2.000 keluarga tersebut, terlahir sekitar 400 anak kembar.

Setiap tahunnya jumlah warga kembaritu terus bertambah. Rata-rata rasio kelahiran anak kembar mencapai 45 pasang dari seribu kelahiran.


Advertisement

Fenomena yang terjadi di desa Kodinhi masih misteri. Tim peneliti dari berbagai perguruan tinggi mulai telah diterjunkan ke daerah tersebut.

Mulai dari CSIR-Centre for Cellular and Molecular Biologu, Hyberabad, Kerala University of Fisheries and Ocean Studies (KUFOS) India sampai Universitas London dan Jerman. Namun sampai saat ini belum bisa mengungkap penyebab orang-orang kembar di daerah tersebut. 

Baca Juga :

Igbo Ora - Nigeria

Igbo Ora terletak di barat daya Nigeria. Kota kecil yang dihuni etnis Yoruba ini juga dikenal sebagai daerah yang warganya terlahir kembar. 

Hasil studi seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1970-an menemukan sekitar 50 pasang anak kembar lahir dari setiap 1.000 kelahiran di Igbo Ora.

photoSekitar 50 pasang anak kembar lahir dari setiap 1.000 kelahiran di Igbo Ora. - (Tangkapan layar Youtube/BataBox)

Karena jumlah warganya yang kembar, Igbo Ora akhirnya dijuluki sebagai ibu kota kembar dunia. Hingga kini, belum diketahui secara pasti mengapa tingkat kelahiran anak kembar sangat tinggi di sana.

Hung Loc Commune - Vietnam

Sebuah dusun di Komune Hung Loc, Distrik Thong Nhat, Provinsi Dong Nai, terkenal dengan tingkat kelahiran bayi kembar yang tinggi.

Melansir dari laman Bao Anh Vietnam, Pham Thi Diep, seorang dokter di stasiun klinik Hung Loc Commune, ada 52 anak kembar yang lahir selama 20 tahun terakhir.

Sejauh ini belum diketahui penyebab terjadinya fenomena anak kembar di daerah tersebut. Hal itu bukan karena perkawinan antar keluarga yang menghasilkan anak kembar.

Sebagian besar keluarga yang memiliki anak kembar di dusun itu, orangtuanya berasal dari berbagai daerah di Vietnam tanpa latar belakang anak kembar dalam keluarga.

Baca Juga :

Ada desas-desus bahwa air di wilayah ini mengandung mineral khusus yang membantu wanita hamil dan menghasilkan anak kembar.

Oleh karena itu, banyak keluarga dari Kota Ho Chi Minh dan provinsi lain datang ke sini dan membawa pulang air untuk diminum dengan harapan mereka akan hamil anak kembar.

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya