Sehatkan Ekonomi dengan Promosi Potensi Jabar, Emil: Tugas Mojang Jajaka 2021

Senin 11 Oktober 2021, 08:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat punya Mojang dan Jajaka (Moka) baru. Grand final Pasanggiri Moka 2021 mengumumkan Siti Ulfa Atamimi asal Kota Bogor sebagai Mojang Jawa Barat 2021 dan Mahathir Mohammad asal Kota Depok sebagai Jajaka Jabar 2021.

"Sudah terpilih tadi ternyata zona Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) yang juara, yang menangnya mojangnya dari Bogor Jajakanya dari Depok,” ujar Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, dalam Grand Final Pasanggiri Moka Jabar 2021 di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Sabtu (09/10/2021), dikutip dari portal resmi Pemprov Jabar.

Ridwan Kamil berpesan agar para mojang jajaka menjadi teladan bagi masyarakat khususnya generasi muda. Mojang jajaka harus kuat dalam agama, mulia dalam akhlak, serta harus menguasai budaya apa saja yang ada di Jawa Barat.

“Kita harapkan jadi teladan, kuat dalam agamanya, mulia dalam akhlaknya, budaya juga bisa dikuasai kemudian juga fisiknya sehat," katanya.  

Ridwan Kamil berharap, di era pandemi Covid-19, mojang jajaka dituntut kontribusinya membantu proses pemulihan ekonomi. Salah satu yang dapat dilakukan mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Saya menitipkan satu pemulihan ekonomi, promosi pariwisata dan ekonomi kreatif," ucapnya.

photoGubernur Jabar Ridwan Kamil Atalia Praratya bersama moka Jabar 2021 - (akun instagram moka jabar 2021)</span

Ridwan Kamil juga meminta mojang jajaka menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB) kepada masyarakat sebagai persiapan untuk beralih dari pandemi ke endemi Covid-19. "Kedua promosikan saya titip untuk hidup beradaptasi terhadap endemi setelah pandemi Covid-19. Jadi kalau nanti kita butuhkan siapa contoh-contoh pemuda yang teladan di era pos Covid-19 kelompok mojang jajaka ini yang kita harapkan," jelasnya.

Sementara itu, juri kehormatan Pasanggiri Mojang Jajaka 2021 Atalia Praratya Ridwan Kamil mengaku terkejut dengan para peserta Pasanggiri Moka Jabar 2021 kali ini. Karena anak-anak muda memiliki kepercayaan diri yang luar biasa.

Baca Juga :

"Saya agak sedikit "surprise" karena melihat anak-anak muda sekarang ini luar biasa. Mereka kepercayaan dirinya muncul, mereka juga berbahasa dengan sangat baik, baik berbahasa daerah maupun bahasa Inggris itu saya apresiasi," jelasnya.

Dalam menentukan pemenang, kata Atalia, tidak hanya urusan fisik saja yang dinilai. Tapi ada tata cara bergaul berperilaku serta pengetahuan menjadi satu paket lengkap harus dimiliki oleh mojang jajaka Jabar tahun ini. 

"Saya berharap teman-teman yang saat ini menjadi wajahnya Jawa Barat mampu untuk membawa diri dengan sangat baik, menjadi idolanya anak-anak muda saat ini dengan segala prestasinya jadi saya kira saya apresiasi dengan kegiatan hari ini," kata Atalia. 

photocontens ini dipersembahkan oleh Dispusipda Jawa Barat - (Dispusipda Jawa Barat)</span

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)