Light Dark

Ini Konten YouTube yang Sering Ditonton Netizen Indonesia

Aplikasi | 07 Oct 2021, 08:32 WIB
Ilustrasi netizen Indonesia menonton YouTube. | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Penggunaan internet pada abad ke-21 ini kian lekat dengan segala sendi kehidupan manusia. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah populasi terbanyak, turut menjadi negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia. Termasuk di platform YouTube.

Berbagai jenis aplikasi berbasis ponsel maupun PC kini telah terintegrasi dengan internet. Salah satu jenis aplikasi yang juga telah terintegrasi dengan internet dan sering diakses oleh orang-orang Indonesia adalah Youtube.

Melansir dari datareportal.com lewat Tempo, pada 2021 pengguna aplikasi YouTube dari rentang usia 15 hingga 64 tahun ada sebanyak 93,8 persen dari total pengguna internet di Indonesia. Angka tersebut bila dikalkulasikan setara dengan 190 juta orang.

Sebagai aplikasi video streaming terlaris di Indonesia, konten video yang terunggah di YouTube kini berjumlah jutaan atau bahkan tak terhitung jumlahnya. Hal tersebut dikarenakan banyak orang telah memanfaatkan YouTube sebagai platform untuk berkarya sekaligus juga untuk menuangkan kreatifitas.

photoLogo YouTube - (Pixabay)

Sehingga tidak heran jika dalam satu menit sudah ada 500 konten video yang berhasil terunggah di aplikasi YouTube. Angka tersebut pun akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Melansir dari apjii.or.id, terdapat beberapa data yang terkumpul mengenai konten YouTube yang paling sering ditonton oleh pengguna internet di Indonesia. Film menjadi konten favorit dengan penonton terbanyak dan memiliki persentase sebesar 16,2 persen.

Meskipun pengunggahan film di YouTube seringkali tersandung hak cipta, terutama untuk kasus film-film layar lebar, namun dalam hal ini batasan-batasan mengenai film apa saja yang ditonton di YouTube tidak dilampirkan secara jelas. Tidak seluruh video film yang diunggah di akun YouTube akan dicekal karena kasus hak cipta.

Ada banyak film dengan jenis shortmovie atau film pendek yang rumah produksinya memiliki channel YouTube sendiri dan menggunakan YouTube sebagai media publikasi. Contohnya seperti short movie "Tilik" yang sempat menjadi salah satu film pendek dengan jumlah penonton terbanyak di kanal YouTube beberapa waktu yang lalu. 

Kemudian untuk urutan kedua, ditempati oleh konten YouTube yang berisi tentang video musik dengan persentase penonton sebesar 13,6 persen. 

SUMBER: TEMPO/PRIMANDA ANDI AKBAR

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur