Light Dark

Diduga Api dari Tungku, Rumah Panggung di Cidadap Sukabumi Hangus Terbakar

Sukabumi | 06 Oct 2021, 08:46 WIB
Rumah panggung di Cidadap Sukabumi hangus terbakar, diduga api berasal dari sisa pembakaran dari tungku. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Satu unit rumah panggung berukuran 5 meter X 7 meter di Kampung Kubang RT 02/ 01 Desa Mekartani, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ludes terbakar pada Selasa (5/10/2021).

Rumah yang hanya menyisakan puing-puing material bangunan tersebut diketahui milik Atang (65 tahun). "Kebakaran terjadi pada pukul 10.30 WIB, sumber  dari api berasal dari tungku atau hawu," kata P2BK Kecamatan Cidadap, Husni Mubarok kepada Sukabumiupdate.com


Advertisement

Baca Juga :

Husni mengatakan kejadian tersebut bermula pada saat Atang sedang pergi ke sawah, begitupun dengan anaknya sedang tidak berada di rumah. 

Saat meninggalkan rumah, Atang tidak menyadari bahwa api tungku di dapur masih menyala sehingga api merembet ke bilik rumah yang terbuat dari bambu yang mudah terbakar.


Advertisement

photoKebakaran tinggal menyisakan puing-puing material yang telah menjadi arang. - (Istimewa)

Pada saat kejadian Atang diberitahu oleh tetangganya bahwa rumahnya terbakar, lanjut Husni, pada saat itu pula api sudah semakin membesar setelah diketahui oleh salah satu tetangganya.

Upaya pemadaman langsung dilakukan warga, namun karena tapi cuaca panas dan tiupan angin kencang sehingga api semakin besar dan akhirnya melumat seluruh bangunan rumah. 

Baca Juga :

"Penghuni dievakuasi  ke tempat saudaranya, pihak pemerintah desa sudah memberikan bantuan sembako. Adapun kerugian ditaksir Rp 50 juta," beber Husni. 

Kami sudah melakukan koordinasi dengan  Camat Kecamatan Cidadap, Kasi Trantibum Kecamatan  Cidadap, Babinsa, Bhabinkabtimas, Tagana Kecamatan Cidadap, serta Pensosmas Kecamatan Cidadap," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Toni Kamajaya