Light Dark

Dekati Target, Udunan Online Kota Sukabumi Galang Dana untuk Penderita Kista

Sukabumi | 01 Oct 2021, 09:50 WIB
Penggalangan dana Udunan Online Kota Sukabumi untuk penderita kista ovarium. | Website Udunan Online

SUKABUMIUPDATE.com - Program Udunan Online kembali diaktivasi untuk menolong warga yang memerlukan bantuan dana. Kali ini, program unggulan Pemerintah Kota Sukabumi tersebut membuka donasi bagi Yeni, penderita penyakit kista ovarium asal Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum.

Ketua Forum Silih Asah Asuh Udunan Online Undang Hidayat mengatakan penggalangan dana untuk Yeni sudah dibuka sejak pekan kemarin dengan jumlah pengajuan Rp 10 juta. "Tayang mulai minggu kemarin," kata Undang, Jumat, 1 Oktober 2021. Hingga Jumat ini dana yang terkumpul sudah sebesar Rp 9.687.645.

Menukil penjelasan dari website www.udunanonline.com, gejala penyakit kista yang dialami Yeni sudah dirasakannya sejak 2016 saat berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah R Syamsudin SH. Saat itu, hasil diagnosis dokter menyatakan Yeni mengalami sakit lambung dengan keluhan sakit perut setiap akan datang bulan.

photoIlustrasi kista ovarium. - (Alodokter Kemenkes)

Enam bulan kemudian berobat lagi dengan keluhan yang sama. Hingga akhirnya dirujuk ke bagian kandungan. Hasilnya, Yeni mengalami miom. Mengutip penjelasan di laman Alodokter Kemenkes, uterine fibroid atau miom adalah benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di rahim. Miom atau fibroid uterus dapat tumbuh di dinding rahim bagian dalam maupun  luar.

Seorang wanita yang mengalami miom dapat memiliki lebih dari satu buah tumor di dalam rahimnya. Gejala miom yang muncul pada penderitanya bergantung kepada ukuran, lokasi dan jumlah tumor yang terdapat pada rahim. Ketika itu pun dilakukan operasi pengangkatan miom.

Empat bulan berlalu, Yeni kembali mengeluhkan rasa sakit di perutnya lalu berobat ke Rumah Sakit Setukpa Polri. Berdasarkan hasil diagnosis dokter, Yeni dinyatakan mengidap kista ovarium. Sejak itu Yeni dan keluarga berusaha berobat jalan selama satu tahun.

Selanjutnya, pada 2018, Yeni dirujuk Rumah Sakit Setukpa Polri ke Rumah Sakit Umum R Syamsudin SH untuk menjalani operasi kista. "Karena sudah terlalu lama, penyakit kista Yeni tak bisa diangkat sebab lengket di usus. Ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung untuk berobat jalan," tulis laporan Udunan Online.

Selama melakukan kontrol ke Bandung, biaya pengobatan Yeni menggunakan Kartu Indonesia Sehat. Namun ia dan keluarga terkendala biaya perjalanan serta bekal selama di Bandung. Bagi yang ingin ikut berdonasi lewat Udunan Online, silakan salurkan melalui Rekening Bank Mandiri (1820004051975) dan Bank BJB (0004051975001).

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur