Light Dark

Pasca Terbakar, Kondisi Pabrik Karet PTPN VIII Cikaso di Sukabumi

Sukabumi | 30 Sep 2021, 15:00 WIB
Kondisi pabrik karet milik PTPN VIII Cikaso di Tegalbuleud Sukabumi pasca terbakar pada Rabu malam kemarin | RAGIL

SUKABUMIUPDATE.com - pabrik karet milik PTPN VIII Cikaso di Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Rabu malam kemarin terbakar. Hari ini, operasional pabrik dihentikan karena sejumlah kerusakan terjadi di bagian kamar asap atau open yang diduga menjadi pemicu kebakaran.

Diketahui kebakaran ini terjadi dan merusak ruangan kamar asap atau open, di pabrik yang berada di Kampung Cijaksi Desa Sumberjaya. Kamar asap ukuran panjang 28 meter, lebar 7 meter, merupakan tempat pengeringan, terdiri dari 4 ruangan, dengan jarak dari satu ruangan ke lain sekitar 20 meter.


Advertisement

Baca Juga :

Ada atap penyambung untuk perpindahan lori dan antisipasi hujan.Adapun penyebab terjadi kebakaran diduga dari percikan api tungku masuk ke lorong sepanjang 15 meter yang berbentuk bentuknya leter T.

"Masuk ke kamar asap sehingga membakar karet yang sudah kering, sudah menjadi Rubber Smoke Sheet (RSS), siap sortir," kata Krani 1 Personalia PTPN VIII Cikaso, Johansah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (30/9/2021).


Advertisement

photoKondisi ruang di pabrik karet PTPN VIII yang terbakar pada Rabu malam kemarin - (RAGIL)

Menurut Johanda di lokasi itu ada tungku dengan bahan bakar kayu,  4 kamar asap, 4 ruangan yang saling berhubungan. "Jadi yang kena satu ruangan kamar asap no 3 kondisinya rusak parah. terbakar 22 roli, diperkirakan satu roli 337 kilogram. Ruangan kamar asap no 2  terbakar bagian pintu dari kayu, namun produksi bisa diamankan." 

Pada saat kejadian masih ada karyawan yang beraktivitas penggilingan lateks menjadi sheet, begitupun dengan pengeringan. "Kalau masalah kerugian, nanti ada tim dari kantor pusat yang akan mendata, Bagian Kerani 1 Personalia PTPN VIII Cikaso," pungkasnya. 

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur