Minta Uang Muka dan Sejumlah Ciri Lainnya Mendeteksi Pinjol Ilegal

Kamis 30 September 2021, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu produk fintech yang paling banyak diakses oleh masyarakat adalah yang menawarkan layanan pinjaman tunai atau pinjaman online alias pinjol. Layanan ini menawarkan akses mudah selama 24 jam dan dana cepat cair tanpa agunan.

Sejumlah keunggulan tersebut tak ada terdapat di produk pinjaman yang disediakan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan produk pinjaman dari perbankan. Oleh karena itu, beragam pinjol pun bermunculan, baik yang legal maupun ilegal. 

Mengutip tempo.co, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dalam banyak kesempatan telah mengingatkan agar masyarakat lebih waspada dan menghindari berhubungan dengan pinjol ilegal. Pasalnya, sudah banyak kasus terkait pinjol ilegal dan praktik para penagih utang yang tak sopan ke nasabah yang tak memenuhi kewajibannya.   

Tak jarang pinjol melakukan penipuan dengan mengatasnamakan produk fintech tertentu. Penipuan ini biasanya terjadi dalam beragam modus yang digunakan secara berulang.

photoIlustrasi pinjol - (istimewa)</span

Oleh sebab itu, sangat penting bagi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri fintech ilegal. Situs www.kreditpintar.com menyebutkan 5 ciri-ciri dari fintech ilegal tersebut, yaitu:

1. Meminta Uang Muka

Umumnya, fintech ilegal akan meminta nasabah untuk mengirimkan sejumlah uang muka sebagai syarat pengajuan pinjaman. Hal ini akan sangat merugikan, terlebih lagi nasabah adalah pihak yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhannya sebagai satu-satunya alasan untuk mengajukan pinjaman.

Jika masyarakat diharuskan untuk mengirimkan sejumlah uang muka, sudah dipastikan bahwa itu praktik fintech ilegal.

2. Memaksa dan Mendesak lewat Promo

Penyedia pinjaman ilegal akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari korban. Mulai dari cara yang sehat hingga secara tidak sehat, termasuk dengan memaksa.

Biasanya, pemaksaan tersebut dilakukan oleh penipu dengan cara memberikan berbagai promo yang sangat menarik dan terkesan menguntungkan agar banyak nasabah yang terjebak.

3. Persyaratan Terlalu Mudah

Pengajuan pinjaman melalui fintech banyak diminati karena kemudahan akses dan persyaratan yang harus dipenuhi. Kemudahan syarat yang ditawarkan oleh fintech dimanfaatkan oleh para oknum tidak bertanggung jawab untuk merancang syarat dan ketentuan, agar modus penipuan mereka berjalan lancar.

Umumnya, fintech ilegal meminta data KTP nasabah sebagai upaya pencurian data, dan hal ini seringkali tidak disadari. Modus tersebut biasanya dibungkus dengan alasan pengecekan pinjaman. Nyatanya, fintech ilegal tidak mempunyai akses untuk melakukan pengecekan riwayat pinjaman dengan menggunakan data KTP nasabah.

4. Informasi Minim

Berbeda dengan fintech resmi, biasanya fintech ilegal tidak memiliki kelengkapan informasi seperti situs, alamat, dan kontak resmi yang muncul di mesin pencarian Google.

5. Media Sosial Tak Terverifikasi

Fintech resmi pastinya memiliki akun media sosial resmi yang terverifikasi, contohnya, akun instagram yang memiliki tanda verifikasi berupa centang biru. Sedangkan, fintech ilegal tidak akan bisa terverifikasi sebagai akun resmi, karena sistem media sosial membacanya sebagai akun impostor, atau tiruan.

Biasanya akun media sosial fintech ilegal juga memiliki jumlah following yang lebih banyak daripada followersnya. Oleh karena itu, masyarakat diminta lebih hati-hati serta terus melakukan cek dan ricek atas legalitas fintech tertentu agar tak terjerat pinjol ilegal.

SUMBER: FAIRUZ AMANDA PUTRI/TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)