Light Dark

Kisah Gigitan di Logo Apple: Supaya Beda dengan Ceri

Gadget | 24 Sep 2021, 13:10 WIB
Sebagai perusahaan besar, Apple Inc. memiliki karakter yang khas dan sehingga mudah dikenal di seluruh penjuru dunia. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai perusahaan besar, Apple Inc. memiliki karakter yang khas dan sehingga mudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada 1976 ini identik dengan logo buah apel yang sudah tergigit.

Uniknya logo ini sempat menimbulkan beragam teori dan latar belakang pemilihannya. Mengutip dari CNN melalui Tempo, logo Apple pernah disebut sebagai penghargaan untuk Alan Turing. Pria ini memelopori penelitian mengenai kecerdasan buatan dan membuka kode pada perang Jerman.

Namun teori tersebut hanya bertahan beberapa waktu hingga gambar apel tergigit itu dikatakan sebagai simbol sumber pengetahuan. Hal ini merujuk pada kisah Isaac Newton yang menemukan teori gravitasi ketika melihat apel jatuh. Selain itu, logo ini juga disebut mengarah pada cerita Adam dan Hawa yang menggigit buah khuldi.

photoApple. - (Reuters)

Namun pada 2009, penggambar logo Apple, Rob Janoff, dari CreativeBits menyebutkan fakta baru. Ia menepis semua teori yang pernah dibuat atas terbentuknya logo ini. Janoff berkata bahwa Steve Jobs memintanya untuk menggambar outline sederhana dari Apple.

Alasan mengapa buah ini tergigit yaitu untuk membedakan antara buah apel dan buah ceri. Gigitan ini pun dibuat sesuai skala agar logo ini tetap terlihat seperti apel dan bukan buah yang lain. Selain itu, gigitan ini (bite) juga menjadi simbol "bytes". Simbol ini pun menjadi fondasi penting dalam dunia komputer, yang menjadi segmen Apple Inc.

SUMBER: TEMPO/WINDA OKTAVIA

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur