Light Dark

Menuju Ekonomi Digital, Ini Potensi Startup Lokal di Kota Sukabumi

Aplikasi | 21 Sep 2021, 07:00 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi jumlah startup yang ada saat ini masih belum sebanding dengan potensi. | Instagram/@achmadfahmi.smi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemda Kota Sukabumi semakin gencar mendorong pertumbuhan Startup lokal untuk memenuhi potensi yang ada. Strategi untuk merangsangnya melalui Sukabumi Creative Hub atau SCH.

Dengan menghadirkan Beranda bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kegiatan ini dihadiri Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo, Boni Pudjianto dan Ketua Komite Akselerasi dan Penataan potensi Ekonomi Kreatif SCH Rendy Irlian Kamase.

Sudah bisa dipastikan, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Plt Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho turut mengadirinya.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan SCH melalui Beranda sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi menggelar kegiatan untuk menghadapi industri kreatif ke depannya.

Baca Juga :

''Pandemi mengajarkan dan memaksa kita untuk mulai beradaftasi dengan kondisi dan melalui Beranda berbenah termasuk industri kreatif,'' kata Fahmi.

Data yang diperolehnya, saat ini baru terdapat 8 Startup di Kota Sukabumi. Jumlah ini belum sebanding dengan potensi di Sukabumi yang cukup besar.

''Kami harapkan dukungan dari berbagai pihak terutama kementerian akan melesatkan target industri kreatif di Kota Sukabumi,'' kata Fahmi. Kehadiran 1.000 Startup akan melecutkan Kota Sukabumi dalam waktu mendatang.

Sementara itu Ketua Komite Akselerasi dan Penataan potensi Ekonomi Kreatif SCH Rendy Irlian Kamase menerangkan perkembangan industri digital yang cukup pesat, mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat maupun daerah.

photoSepatu berbahan alami salah satu produk starup Kota Sukabumi - (Dok Sukabumi Update)

Menurut Rendy saat ini Kota Sukabumi sudah mulai menunjukkan geliatnya di bidang industri digital dengan mulai lahirnya beberapa industri startup. Namun ekosistem Startup di Kota Sukabumi belum sepenuhnya terbentuk. Hanya saja ekosistem Startup di Kota Sukabumi belum sepenuhnya terbentuk.

Beranda adalah sebuah ruang bertemu dan berbagi yang dikemas dalam serial diskusi publik tentang ide, cerita, atau isu terkini di berbagai subsektor industri kreatif.

Sedangkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ditujukan sebagai ruang untuk ambil bagian menginisiasi perubahan dan bertujuan untuk memberikan peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru nusantara.

Image

Admin SUpdate

Image

Toni Kamajaya

Redaktur