Light Dark

Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Panen Ikan Lisong, Ayo Buruan Merapat!

Produk | 18 Sep 2021, 14:59 WIB
Tangkapan Ikan Lisong oleh Nelayan Palabuhanratu Sukabumi tengah melimpah | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pasokan Ikan Lisong dari nelayan melimpah di tempat pelelangan ikan dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Lonjakan tersebut memicu harga penjualan ikan jenis tersebut menurun drastis.

Ade Gempar (51 tahun), salah seorang nelayan, mengungkapkan para nelayan mulai mengalami banyak tangkapan Ikan Lisong sudah berlangsung sejak satu pekan yang lalu.

Baca Juga :

"Alhamdulillah banyak ikan melimpah, Ikan Lisong dan juga ikan petek dalam beberapa hari selama satu minggu ini, puncaknya 4 hari terakhir," ujarnya kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (18/9/2021).

Dijelaskan Ade, satu perahu nelayan jenis Pagang saat ini bisa menghasilkan atau menangkap Ikan Lisong sebanyak 1,5 Ton hingga 3 Ton. Dengan begitu, menurut Ade, secara keseluruhan dalam satu hari dari jumlah puluhan perahu yang ada di dermaga Palabuhanraru hasil tangkapan bisa mencapai 20 hingga 30 ton.

photoTangkapan Ikan Lisong melimpah di dermaga Palabuhanratu, Sukabumi - (Nandi)

"Untuk harga jual mengalami penurunan, karena ikan lagi banyak, harga sebelumnya biasa Rp 18ribu per Kilogram, sekarang turun menjadi Rp 15ribu per kilogram, bahkan tadi pagi mencapai Rp8.000 sampai Rp 10.000, tergantung kesepakatan dan tawar menawarnya," jelas.

Sementara itu Anen (43 tahun ) seorang penjual ikan mengaku bersyukur karena saat ini Ikan Lisong tengah melimpah. Ia berharap di libur akhir pekan ini banyak wisatawan yang datang ke Palabuhanratu dan membeli ikan di dermaga.

"Banyak ikan, mudah mudahan juga banyak pembeli, sekarang libur akhir pekan pengunjung atau wisatawan sudah terlihat banyak membeli ikan di dermaga Palabuhanratu buat oleh oleh ataupun konsumsi saat menikmati liburannya di Pantai Palabuhanratu," ulasnya.

Image

Nandi

Reporter

Image

Toni Kamajaya

Redaktur