Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Jadi Penyelenggara SKA Muda Freshgraduate

Jumat 17 September 2021, 15:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa tingkat akhir dan lulusan (maksimal dua tahun) program studi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra mengikuti pelatihan dan sertifikasi SKA Freshgraduate yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ini merupakan bagian dari komitmen program studi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra dalam meningkatkan kompetensi lulusan mahasiswanya agar siap bersaing secara global. Dengan memanfaatkan program yang diselenggarakan Kementerian PUPR, maka pelatihan dan sertifikasi secara keseluruhan dibiayai kementerian.

Artinya, pelatihan ini tidak membebani pihak kampus maupun mahasiswa. Sebab, untuk mendapatkan sertifikat kompetensi secara normal, selain harus memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun, biayanya pun relatif mahal sekitar Rp 4,5 juta. Bagi mahasiswa yang lulus pelatihan dan uji sertifikasi akan diberikan sertifikat kompetensi SKA sesuai bidang yang diminatinya.

Sertifikasi SKA Freshgraduate sendiri merupakan program tahunan yang diselenggarakan Kementerian PUPR. Sebelumnya, informasi pelatihan dan setrtifikasi tersebut disampaikan Balai Jasa Konstruksi Wliayah III (BJKWIII) Jakarta. Universitas Nusa Putra pun menindaklanjuti informasi itu dengan mengirimkan surat pengajuan.

"Karena ada potongan anggaran untuk Covid-19, jumlah pendaftar dari Universitas Nusa Putra hanya 44 orang, dari 100 yang diusulkan," kata Ketua Prodi Teknik Sipil, Paikun, Jumat, 17 September 2021. Pelatihan online dengan pembukaan Kelas Distance Learning SIBIMA ini berlangsung sejak 2 Agustus hingga 15 September 2021.

photoKetua Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra, Paikun. - (Istimewa)

Baca Juga :

Bahas Data Science dan AI, Nusa Putra Bakal Gelar Webinar: Catat Tanggalnya

Paikun mengatakan, karena tidak semua kampus yang memiliki program studi Teknik Sipil, Arsitek, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin, menjadi penyelenggara, Universitas Nusa Putra dimungkinkan menjadi satu-satunya di Sukabumi yang melaksanakan pelatihan ini. Universitas Nusa Putra pun menginformasikan kegiatan ini secara terbuka. Alhasil di antaranya ada mahasiswa dari IPB yang mendaftar melalui Universitas Nusa Putra.

"Menurut informasi dari BJKWIII Jakarta, terdapat 28 perguruan tinggi pengusul/penyelenggara, di antaranya Universitas Nusa Putra, ITB, Trisakti, Gunadharma, UPI, dan lain-lain. Namun, semua diselenggarakan secara online," ujarnya.

Pelatihan ini digelar satu hari dengan pemateri langsung dari pihak SIBIMA. Pelatihan kedua adalah pembekalan kompetensi tambahan oleh pemateri yang telah tersertifikasi memiliki sertifikat TOT. Di Universitas Nusa Putra, terdapat 4 dosen yang telah tersertifikasi TOT yaitu Paikun, Utamy Sukmayu Saputri, Ilman Himawan Kusumah, dan Mukhlis Ali. Pembekalan kompetensi tambahan berlangsung selama lima hari yaitu 30 Agustus hingga3 September 2021.

"Pada Kamis, 15 September 2021, peserta pembekalan kompetensi tambahan mendapatkan Berita Acara kelulusan sebagai peserta. Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan kompetensi dan bisa berlanjut mengikuti uji kompetensi untuk mendapat SKA," kata Paikun.

Pelaksanaan uji kompetensi yang dijadwalkan antara 2 Agustus hingga 15 Oktober 2021 saat ini masih menunggu informasi dari panitia BJKWIII Jakarta kapan waktu ujinya.

Paikun berpesan, dengan bekal SKA, maka lulusan Teknik Sipil Universitas Nusa Putra akan mampu bersaing di lapangan. SKA ini juga menjadi syarat bagi tenaga kerja yang menduduki suatu jabatan dalam perusahaan sesuai amanat UU Jasa Konstruksi Nomor 02 Tahun 2017, di mana tenaga kerja harus mempunyai sertifikat kompetensi, dan instansi baik perusahaan swasta maupun pemerintahan harus memperkerjakan tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi.

"Sebetulnya bagi pegawai negeri sipil yang menduduki jabatan sesuai amanat UU juga harus memiliki sertifikat kompetensi. Jadi apabila UU ini betul-betul diterapkan, bagi PNS yang menduduki jabatan tetapi tidak mempunyai sertifikat kompetensi, ya siap-siap untuk turun jabatan," katanya.

SUMBER: SIARAN PERS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)