Light Dark

Bantuan Internet Gratis Mulai Dibagikan, Pelajar dan Guru Cek Kuotamu!

Gadget | 12 Sep 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi. Kabar gembira buat para pelajar dan tenaga pengajar di Kota maupun Kabupaten Sukabumi dan seluruh Indonesia. Pemerintah mulai menyalurkan bantuan kuota internet gratis hingga 15 September 2021 mendatang. | ayosemarang.com

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar gembira buat para pelajar dan tenaga pengajar di Kota maupun Kabupaten Sukabumi dan seluruh Indonesia. Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan kuota Internet gratis hingga 15 September 2021 mendatang.

Proses penyaluran Bantuan kuota Internet gratis ini akan berlangsung selama lima hari, terhitung sejak Sabtu, 11 September 2021.  Dengan demikian masih tersisa waktu selama tiga hari bagi pelajar dan tenaga pengajar untuk memastikan diterimanya Bantuan kuota Internet ke nomor ponsel yang digunakan.

Bantuan data Internet ini bukan hanya diperuntukan bagi Sukabumi saja, tapi disalurkan bagi pelajar dan tenaga pengajar secara nasional yang jumlahnya mencapai 24,4 juta orang.  

Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim, mengimbau agar para kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi dapat memutakhirkan data nomor ponsel pelajar dan tenaga pengajar pendidik pada sistem dapodik dan pangkalan data pendidikan tinggi. 

Selain itu juga harus mengunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak. Data jenjang pendidikan PAUD, SD dan SMP diunggah pada portal http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk jenjang perguruan tinggi diunggah melalui http://kuotadikti.kemdikbud.go.id. 

“Bantuan kuota data Internet akan disalurkan pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021, dan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,”terang Nadiem seperti dilansir dari laman Setkab.

photoProgram bantuan kuota internet gratis - (Kemendikbud Ristek)

Diungkapkannya kuota Internet gratis ini diperlukan untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi yang berlangsung secara tatap muka terbatas maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

“Kami mendengarkan masukan dari banyak pihak yang menginginkan Bantuan kuota data Internet ini dilanjutkan." akunya. 

"Alhamdulillah hari ini kuota data Internet telah mulai disalurkan secara bertahap ke sekitar 24,4 juta peserta didik dan pendidik. Semoga ini dapat membantu meringankan beban para pendidik dan juga orang tua,” imbuh Nadiem.

Secara rinci penyaluran Bantuan kuota data Internet lanjutan pada bulan September 2021 ini sebanyak 22,8 juta pelajar. Sementara untuk tenaga pengajar jumlahnya mencapai 1,6 juta orang.

Baca Juga :

Para penerima Bantuan kuota Internet gratis tersebut berasal dari jenjang pendidik PAUD hingga pendidikan perguruan tinggi. 

Sementara itu besaran Bantuan yang dialokasikan bagi pelajar PAUD adalah 7GB per bulan. Untuk pelajar tingkat SD dan SMP jumlah kuota yang diterima sebesar 10GB per bulan. 

Sedangkan untuk tenaga pengajar PAUD, SD dan SMP adalah 12GB/bulan. Berbeda bagi mahasiswa dan dosen diberikan Bantuan sebesar 15 GB/bulan.

KONTRIBUTOR: TONI KAMAJAYA

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur