Light Dark

Nasrudin Sumitrapura Berkiprah Sejak 1998, Jejak PAW DPRD Kabupaten Sukabumi

Figur | 07 Sep 2021, 11:37 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Nasrudin Sumitrapura. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Nasrudin Sumitrapura, pria 42 tahun asal Cisolok ini dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDIP lewat mekanisme Pergantian Antar Waktu menggantikan almarhum Ace Herlina, yang meninggal beberapa waktu lalu. Bukan orang baru, Nasrudin sudah memulai kiprahnya sejak lulus sekolah.

Nasrudin merupakan warga asli Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Menikah dengan Tetih Sri Rahayu (40 tahum), ia dikaruniai tiga anak: satu laki-laki dan dua perempuan. Mengikuti jejak sang ayah, Nasrudin sudah terjun ke dunia politik sejak 1998, bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

"Sejak di sekolah saya aktif di organisasi, seperti Pramuka, OSIS, dan lainnya," kata dia, Selasa, 7 September 2021. " Nah 1998 lulus sekolah, saya masuk dunia politik ke PDIP karena bapak juga di partai yang sama saat itu," tutur Nasrudin.

Jabatan pertama yang dipegang Nasrudin pada 1999 adalah bendahara ranting PDIP Desa Pasir Baru. Lima tahun dirinya mengabdi menjadi pengurus ranting, sebelum akhirnya masuk di jajaran pengurus Pimpinan Anak Cabang PDIP Cisolok. "Wakil ketua I periode lima tahun pertama, wakil ketua V di periode lima tahun kedua. Jadi saya 10 tahun di PAC PDIP Cisolok," ujarnya.

photoPenandatanganan berita acara serah terima jabatan PAW anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDIP almarhum Ace Herlina diganti Nasrudin Sumitrapura, Senin, 6 September 2021. - (Sukabumiupdate.com/Nandi)

Baca Juga :

Pada 2015 Nasrudin berhasil menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang atau PAC PDIP Cislok. Sebab saat itu, salah satu syarat maju di pemilihan legislatif 2019 adalah, setidaknya, ketua PAC. Pada pemilihan legislatif 2019 tersebut, ia ikut bursa pencalonan untuk daerah pemilihan atau Dapil 1 Kabupaten Sukabumi dengan nomor urut 2. Ketika itu dirinya meraih posisi ketiga.

"Bagi saya berpartai itu ideologi. Yang paling cocok bagi saya PDI Perjuangan. Setelah dilantik kemarin, langkah pertama adalah akan membenahi struktural, sesuai instruksi ketua umum," jelasnya. "Selanjutnya saya akan turun ke bawah membenahi dan menginventarisir struktural mulai dari PAC, ranting, hingga anak ranting," imbuh Nasrudin.

Posisinya saat ini sebagai wakil rakyat, membuat Nasrudin juga akan turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi mereka. Mulai September ini pun ia mengaku akan bergerak sesuai asesmen Dewan Pusat Daerah atau DPD Jawa Barat. "Sebelum dilantik pun saya aktif di kegiatan sosial sesuai tugas Ketua PAC PDIP Cisolok dan ketua umum," ucapnya.

"Kemarin juga kita mendirikan posko darurat Covid-19 di tingkat Kecamatan Cisolok. Memang sudah diinstruksikan kita selalu andil dalam sosial khususnya, membantu masyarakat bawah sesuai selogan partai, partai pembela wong cilik," sambung dia.

Nasrudin kini berharap bisa menjadi fasilitator bagi masyarakat dan mewakili warga Dapil 1 Kabupaten Sukabumi. tempat ia diberangkatkan. "Tapi umumnya bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi. Insaallah aspirasi yang saya terima nanti akan disampaikan di parlemen," kata Nasrudin.

Image

Nandi

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur