Petisi Online: Ratusan Ribu Orang Boikot Saipul Jamil! Desak KPI Bersikap

Minggu 05 September 2021, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bebasnya Saipul Jamil dari penjara membuat netizen bereaksi keras. Terlebih Saipul langsung disambut dengan panggilan talkshow di beberapa acara di televisi, Di Twitter, sejak Jumat, 3 September 2021 sore, ramai beredar petisi ajakan untuk memboikot Saipul Jamil tampil di televisi maupun Youtube.

Petisi itu ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI agar melarang televisi mengundang Saipul Jamil. Kata kunci Boikot Saiful Jamil menjadi trending topik di Twitter. 

“Boikot Saipul Jamil mantan narapidana pedofilia, tampil di televisi nasional dan Youtube,” bunyi petisi yang sampai saat ini sudah ditandatangani oleh 150 ribu orang dari target tanda tangan 200 ribu orang.

Penyanyi dangdut, Saipul Jamil menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman selama delapan tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Kamis, 2 September 2021. Perwakilan keluarga, kerabat, dan tim kuasa hukumnya telah menanti sejak pagi di penjara Cipinang.

Saat bebas, Saipul dijemput oleh kekasihnya Indah Sari dengan menggunakan mobil Porsche merah. Ia juga dikalungi karangan bunga. Tidak hanya itu, Saipul juga langsung diundang ke berbagai acara di televisi dan Youtube.

Netizen yang melihat ini bereaksi keras dan meminta Saipul Jamil diboikot. “Saya ikut tanda tangan. Heran aja kenapa harus ada glorifikasi tentang pembebasan dia, seperti dia itu Neill Armstrong baru kembali ke bumi dari misinya ke bulan. Gimana dengan korban yang masih kecil, ngalamin THAT THING. Boikot Saiful Jamil,” tulis akun @truwelupoetih.  “Kamu becanda? Memberi predator panggung yang besar, Tv indonesia, kalian gila? Pls BOIKOT SAIFUL JAMIL,” tulis akun @dant.

photoEkspresi bahagia Pedangdut Saipul Jamil saat meninggalkan Lembaga Permasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (2/9/2021). - (Suara.com/Alfian Winanto)</span

Ada netizen yang menyorot kemunculan Saipul di akun Instagramnya, yang mengenakan baju tahanan berfoto dengan Melaney Ricardo untuk program Official D'Cafe Trans7. "Segera guys," tulis mantan suami Dewi Perssik ini. "DENGAN BANGGANYA PAKE BAJU PENJARA??? He is so disgusting," cuit @jennieschords.

Netizen juga meminta Komisi Penyiaran Indonesia agar mengedukasi televisi di Indonesia. "Komisi Penyiaran Indonesia bisa edukasi televisi dan sedikit lebih keras kan soal ini. Katanya menampung aspirasi rakyat. Mosok seruan boikot Saipul Jamil ga digubris. KPI bisa kok kurangi panggung orang itu. Citra KPI lagi buruk banget, ayolah lakukan sesuatu yang berguna," cuit @FriendlyFrost sambil menyindir situasi hampir mirip yang terjadi di internal lembaga pengawas penyiaran itu. 

Penolakan sebenarnya bukan saja diminta oleh masyarakat. Komedian seperti Papham pun menuliskan komentarnya di akun gosip. Papham mengomentari penyambutan Saipul yang dikalungi bunga dan diarak mobil saat keluar penjara. 

"Lo pikir abis menang olimpiade dapat emas, lo kalungin bunga, ga ada masalah sama si abangnya, setiap orang berhak dapat kesempatan kedua, tapi orang-orang manfaatin situasinya, something wrong with them. Empati dikitlah ama korban dan keluarga, yang mungkin walaupun sudah 5 tahun atau lebih masih belum bisa lupa....Ingat, gak ada masalah ama si abangnya, setiap orang berhak dapat kesempatan kedua but something wrong with this society," tulisnya mengomentari unggahan di akun Lamis Corner. 

Saipul Jamil menjalani hukuman delapan tahun penjara dalam kasus pencabulan dan penyuapan yang menimpanya. Hukumannya ditambah setelah ia terbukti menyuap panitera pengadilan. Namun ia mendapat 30 bulan pemotongan hukuman atau remisi.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sehat19 Mei 2024, 12:00 WIB

Diabetes Tipe 1 Bisa Menyerang Anak! Simak Gejala, Penyebab dan Komplikasinya

Diabetes tidak hanya menyerang kalangan dewasa saja, namun ternyata anak-anak juga bisa mengidap penyakit mematikan ini.
Ilustrasi. Diabetes tipe 1 pada anak. Sumber: Pexels.com/@Pavel Danilyuk
Sukabumi19 Mei 2024, 11:41 WIB

Upaya PUPR Minimalisir Risiko Longsor Susulan di Parungkuda Sukabumi

Berikut upaya Kementerian PUPR dalam meminimalisir risiko longsor susulan di tebing yang berada di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Kementerian PUPR tangani tebing longsor di Parungkuda Sukabumi yang terjadi pada 1 April 2024 lalu. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 11:00 WIB

Dibuat Infused Water, Keajaiban Kayu Manis untuk Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

Sifat analgesik kayu manis dapat membantu meredakan nyeri sendi, sehingga memberikan kenyamanan bagi penderita asam urat.
Ilustrasi. Sifat analgesik kayu manis dapat membantu meredakan nyeri sendi, sehingga memberikan kenyamanan bagi penderita asam urat. (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Sehat19 Mei 2024, 10:30 WIB

Kurangi Makanan Tinggi Purin, Berikut 5 Cara Mengobati Asam Urat Pada Anak

Ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan pada anak, salah satunya dengan mengurangi makanan tinggi purin.
Ilustrasi. Tips mengurangi asam urat pada anak. Sumber: pexels.com/@sklei
Nasional19 Mei 2024, 10:23 WIB

Alasan Yusril Ihza Mahendra Mundur dari Ketum PBB

Berikut alasan Yusril Ihza Mahendra mundur dari ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB).
Yusril Izha Mahendra resmi mundur dari Ketua Umum PBB. | Sumber Foto: Instagram
Life19 Mei 2024, 10:00 WIB

12 Cara Agar Anak Dapat Mendengarkan Anda, Gak Bakal Ngelawan!

Memiliki anak yang patuh dan hormat merupakan dambaan setiap orang tua.
Ilustrasi - Memiliki anak yang patuh dan hormat merupakan dambaan setiap orang tua. (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations)
Sehat19 Mei 2024, 09:30 WIB

Cara Mendiagnosis Asam Urat Pada Anak, Apa Saja Faktor Resikonya?

Ada beberapa cara mendiagnosis asam urat pada anak hingga faktor resikonya yang perlu orang tua ketahui.
Ilustrasi. Cara mendiagnosis dan faktor resiko asam urat pada anak. Sumber: pexels.com/@Jason Deines
Sukabumi19 Mei 2024, 09:14 WIB

Varietas Unggulan, Ini Upaya Distan Sukabumi Jaga Kelestarian Tanaman Vanili di Cidolog

Distan Kabupaten Sukabumi berupaya untuk melestarikan tanaman vanili di Cidolog melalui kegiatan pendaftaran varietas unggulan lokal.
Distan Kabupaten Sukabumi gandeng BPPBP Jabar dan BRIN saat observasi tanaman vanili di Poktan Tani Mukti Cidolog. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Radang Sendi

Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi.
Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat19 Mei 2024, 08:30 WIB

Jangan Abaikan Asam Urat Pada Anak, Ketahui Gejala Hingga Penyebabnya Berikut Ini!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
Ilustrasi. Asam urat pada anak
 Sumber: pexels.com/@BOOM