Light Dark

Bisa Pinjam Buku via WA, Perpustakaan Cikundul Sukabumi Ikut Lomba Nasional

Sukabumi | 02 Sep 2021, 15:32 WIB
Perpustakaan Cikundul Kota Sukabumi saat expose virtual dengan tim juri pada 26 Agustus 2021. | Dokumentasi Perpustakaan Cikundul

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar membanggakan datang dari dunia literasi Kota Sukabumi. Pasalnya, Perpustakaan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, berhasil lolos mewakili Jawa Barat mengikuti perlombaan Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021.

Lurah Cikundul Agus Heryanto mengatakan expose lomba tingkat nasional tersebut digelar secara virtual pada 26 Agustus 2021. Perpustakaan Cikundul pun kini bersaing dengan Perpustakaan dari 33 provinsi lain di Indonesia. Hingga Kamis, 2 September 2021, belum ada pengumuman dari ajang tersebut. "Belum ada informasinya, masih proses (penilaian)," kata Agus.


Advertisement

Beberapa hal yang dinilai dalam perlombaan ini adalah infrastruktur gedung, fasilitas perpustakaan, koleksi buku, kegiatan inklusi sosial, pemberdayaan, dan inovasi pelayanan. "Di Perpustakaan Cikundul kita punya GOKIL atau Gowes Keliling Literasi," ujar Agus.

photoProgram Gowes Keliling Literasi atau GOKIL Perpustakaan Cikundul Kota Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Penialaian lainnya adalah sistem pelayanan Perpustakaan yang terintegrasi dengan posyandu. "Di Perpustakaan Cikundul juga ada Pojok UMKM dan Gazebo Saung Baca serta taman bermain anak," imbuhnya. Pada Juli 2021, Peprustakaan Cikundul menjadi juara pertama lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat.


Advertisement

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung. Semoga kebaikannya berbuah dan bernilai ibadah," kata Agus.

Kepala Perpustakaan Kelurahan Cikundul Saepuloh menambahkan acara penjurian lomba tingkat nasional ini masih akan berlangsung hingga 9 September 2021 untuk Perpustakaan di 34 provinsi. Saepuloh pun mengaku yakin dengan hasil perlombaan tersebut karena Peprustakaan Cikundul telah meluncurkan sejumlah inovasi.

"InsyaAllah kami sudah meluncurkan inovasi lainnya, yaitu GOKIL Juara, di mana warga bisa mengajukan pinjaman buku lewat WhatsApp. Selanjutnya kami mengantar hingga rumahnya langsung dengan sepeda," kata dia.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur