Light Dark

Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja, Ini yang Harus Diperhatikan

Gaya Hidup | 30 Aug 2021, 12:28 WIB
Negosiasi gaji adalah tahapan terpenting dalam wawancara kerja menentukan keputusan Anda saat mengambil pekerjaan. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Tahapan dalam wawancara kerja biasanya akan memasuki Negosiasi Gaji saat perusahaan tampak tertarik dengan Anda. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, negosiasi perlu dilakukan untuk melihat seberapa besar perusahaan menghargai kinerja Anda.

Hanya saja masih banyak kandidat pekerja yang cenderung mengabaikan pentingnya proses negosiasi gaji. Dikutip dari Times of India, berikut ini adalah empat hal yang harus Anda lakukan sebelum negosiasi gaji.

1. Ketahui nilai Anda

Untuk negosiasi gaji, hal yang paling penting adalah memahami nilai Anda sebagai kandidat calon karyawan. Salah satunya lewat pengalaman yang Anda miliki, mulai dari pekerjaan sebelumnya, aktivitas di perguruan tinggi, hingga ikut kepanitiaan. Jika Anda punya nilai dan segudang pengalaman, jangan ragu untuk negosiasi gaji, karena Anda layak untuk mendapatkannya.

2. Lakukan riset

photoSebelum menerima pekerjaan, Anda baiknya perhatikan satu hal penting sebelumnya, yaitu negosiasi gaji. - (Pixabay)

Berkomunikasi dan berbicara dengan perekrut akan memberi Anda banyak ide tentang gaji rata-rata yang diberikan perusahaan. Saat menjalani proses perekrutan, ada baiknya Anda lakukan riset terhadap perusahaan yang Anda lamar. Salah satunya budaya kerja hingga pemberian gaji karyawan.

3. Mulai dengan gaji tinggi

Jika Anda punya pengalaman kerja sebelumnya atau prestasi yang didapatkan, Anda berhak meminta gaji yang tinggi kepada perusahaan yang Anda lamar. Hal ini dilakukan agar melihat seberapa besar perusahaan dan perekrut menghargai kemampuan Anda.

Baca Juga :

4. Memiliki profil yang lengkap

Saat Negosiasi Gaji yang layak, Anda harus memiliki kualifikasi serta profil yang lengkap. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa melihat kualitas Anda, sehingga mereka berani menerima gaji yang Anda inginkan.

Tanyakan juga pada diri Anda, apakah Anda telah bekerja di perusahaan setidaknya selama satu tahun, atau sudah berapa proyek yang Anda kerjakan di perusahaan sebelumnya?

Dengan begitu, kualitas yang baik serta nilai yang baik, bergantung pada kemampuan dan kualifikasi profesional Anda.

SUMBER: SUARA

Image

Admin SUpdate

Image

Nelis

Redaktur