Eks Pemain Persib Bandung Michael Essien Drawing Liga Champions

Jumat 27 Agustus 2021, 02:00 WIB
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien, saat drawing fase grup Liga Champions 2021/2022 di Istanbul, Turki, pada Kamis, 26 Agustus 2021 malam WIB.

Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien, saat drawing fase grup Liga Champions 2021/2022 di Istanbul, Turki, pada Kamis, 26 Agustus 2021 malam WIB.

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan menarik terlihat saat pengundian fase grup Liga Champions 2021/2022 di Istanbul, Turki, pada Kamis, 26 Agustus 2021 malam WIB. Sebab, mantan gelandang Persib Bandung, Michael Essien, muncul di panggung sebagai tamu kehormatan.

Dalam prosesi drawing fase grup Liga Champions 2021/2022, Essien menjadi satu di antara bintang tamu dalam event penting sebagai bagian dari alur perjalanan kompetisi tersebut. Mengutip laporan bola.com, pembawa acara, Laura Wontorra, mengatakan Essien ada di panggung drawing Liga Champions sebagai mantan pemain Chelsea, sekaligus peraih jawara kompetisi antarklub tertinggi di Eropa.

Sebagai catatan, Essien menjadi bagian dari Chelsea yang menjadi juara Liga Champions 2011/2012 dan runner-up musim 2007/2008. Pada acara drawing Liga Champions, Michael Essien mendapat tugas penting, yakni mengambil bola yang berisi grup-grup yang akan menjadi pos tim peserta. Kocokan pria berusia 38 tahun tersebut menentukan tempat atau grup nama klub yang berada di dalam bola.

photoMichael Essien saat berseragam Persib Bandung. - (Goal)

Menukil laporan Tempo, Grup A akan diisi oleh finalis tahun lalu Manchester City bersama PSG, RB Leipzig, dan Club Brugge. Laga Manchester City dengan PSG akan mempertemukan Lionel Messi dengan mantan mentornya saat di Barcelona, Pep Guardiola. Selain itu, grup ini akan mempertemukan tiga semifinalis Liga Champions dalam dua musim terakhir.

Grup B juga dipastikan akan sangat panas karena mempertemukan juara Liga Champions musim 2018-2019 Liverpool dengan juara Liga Spanyol Atletico Madrid serta runner-up Liga Portugal dan Liga Italia musim lalu, FC Porto dan AC Milan.

Sementara Grup E akan diisi Bayern Munchen, Barcelona, Benfica, dan Dynamo Kiev. Dendam kesumat dari laga perempat final dua musim lalu dipastikan masih akan membekas. Bayern Munchen saat itu membantai Barcelona dengan skor 8-2. Juara bertahan Chelsea mendapatkan grup yang cukup mudah. Skuad asuhan Thomas Tuchel berada di grup H bersama Juventus, Zenith St Petersburg dan Malmo.

Yang juga menarik adalah konfigurasi dari Grup D. Grup ini diisi oleh Real Madrid, Inter Milan, Shakhtar Donetsk. Musim lalu ketiga tim juga berada di grup yang sama. Bedanya, musim lalu mereka bersama dengan Borussia Moenchengladbach, namun musim ini mereka akan ditemani tim asal Moldova Sheriff Tirasapol.

Berikut hasil lengkap drawing Liga Champions musim 2021-2022:

Grup A: Manchester City, PSG, RB Leipzig, Club Brugge

Grup B: Atletico Madrid, Liverpool, FC Porto, AC Milan

Grup C: Sporting Lisbon, Borussia Dortmund, Ajax Amsterdam, Besiktas

Grup D: Real Madrid, Inter Milan, Shakhtar Donetsk, Sheriff Tirasapol

Grup E: Bayern Munchen, Barcelona, Benfica, Dynamo Kiev

Grup F: Villarreal, Manchester United, Atalanta, Young Boys

Grup G: Lille, Sevilla, RB Salzsburg, Wolfsburg

Grup H: Chelsea, Juventus, Zenit St Petersburg, Malmo

Nantinya, jadwal pertandingan babak penyisihan grup akan dibagi ke dalam 6 pekan atau 6 matchday. Berikut rinciannya:

Pekan 1: 14/15 September

Pekan 2: 28/29 September

Pekan 3: 19/20 Oktober

Pekan 4: 2/3 November

Pekan 5: 23/24 November

Pekan 6: 7/8 Desember.

Dua tim teratas penghuni masing-masing grup akan lolos ke babak 16 besar.

Sebelum undian Liga Champions dilaksanakan, UEFA sempat memberikan penghargaan kepada para pemain serta pelatih terbaik musim lalu. Chelsea mendominasi penghargaan itu dengan meraih gelar penjaga gawang terbaik (Edouard Mendy), gelandang terbaik (N'Golo Kante), serta pelatih terbaik (Thomas Tuchel). Sementara penyerang terbaik direbut oleh Erling Haaland (Borussia Dortmund) dan bek terbaik direbut oleh Ruben Dias (Manchester City).

Sekilas tentang Essien, mengutip dari BBC Indonesia, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar menyatakan PT Persib Bandung Bermartabat  telah resmi memutus kontrak pemain berstatus marquee player itu pada 5 Juni 2018. Pemutusan kontrak itu disebut Umuh selesai dengan cara "sama-sama enak". Bekas Gelandang Chelsea dibayar secara penuh oleh manajemen Persib, meski kontrak resminya belum berakhir. Essien dikontrak pada Maret 2017 selama setahun dan diperpanjang hingga musim 2018.

Persib Bandung terpaksa melepas Essien karena terganjal regulasi kuota pemain asing di Liga Indonesia musim 2018. PSSI telah menetapkan kuota empat pemain asing yang terdiri dari tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia. Kebijakan itu seiring dengan hilangnya aturan soal marquee player.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).