Light Dark

Petani Sukabumi Budidaya GAC, Buah Dari Surga Sejuta Manfaat Asal Vietnam

Produk | 25 Aug 2021, 08:59 WIB
Unang Supardi, pria Sukabumi yang membudidayakan GAC sebagai buah dari surga yang berjuta manfaat. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Mengenal buah GAC atau lebih dikenal dengan sebutan Buah Dari Surga yang berasal dari Vietnam, ternyata bisa dibudidayakan di Sukabumi. 

Adalah Unang Supardi, pria yang berhasil membawa bibit GAC ke Sukabumi dan berhasil menanamnya hingga berbuah. Menurut Unang, Buah Dari Surga ini sangat mudah ditanam dan dibudidayakan sehingga dirinya berniat untuk melanjutkan bertani buah GAC. 


Advertisement

“Awalnya saya hanya mencoba, tapi ternyata hasil uji coba berhasil. Kemudian melihat manfaat dari buah GAC ini juga sangat beragam, makanya saya mengajak teman-teman petani untuk melanjutkan tanam budidaya buah ini,” kata Unang pada sukabumikupdate.com Selasa (24/08/21).

photoIklim Sukabumi bisa digunakan untuk menanam buah GAC dan menghasilkan panen yang baik untuk kemudian si buah dari surga ini bisa dipasarkan - (Istimewa)

Uji coba tanaman GAC yang dilakukan Unang di wilayah Kampung Ciheulang Tonggoh Desa Ciheulang Tonggoh Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Kemudian saat ini, Unang juga melanjutkan budidaya di desa Wangunjaya, desa Nyalindung Kecamatan Ciambar. 


Advertisement

Baca Juga :

GAC atau Momordica cochinchinensis banyak dibudidayakan di Vietnam dan Myanmar, mengandung anti oksidan yang tinggi, serta vitamin A yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. 

Di beberapa negara GAC bahkan disebut sebagai buah langka, sehingga julukan fruit from heaven atau Buah Dari Surga muncul. Bukan asal memberi julukan, nyatanya buah GAC ini memang memberi banyak manfaat jika dikonsumsi. 

Image

Admin SUpdate

Image

Nelis