Light Dark

Jika Terus Bermutasi, WHO Bakal Pakai Nama Zodiak untuk Varian Covid-19

Sehat | 23 Aug 2021, 23:55 WIB
(Foto Ilustrasi) WHO menyiapkan zodiak untuk menamai varian baru Covid-19. | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Varian baru Covid-19 terus ditemukan di berbagai belahan dunia sejak pandemi melanda. Virus corona yang terus bermutasi, membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menamakan tiap variannya untuk mempermudah dan menyederhanakan pengucapan selama diskusi.

WHO memilih menggunakan alfabet Yunani untuk menamakan varian Covid-19. Sejak diterapkan pada Mei 2021 hingga kini, telah ada 11 varian Covid-19. Jumlah alfabet Yunani sendiri hanya mencapai 24 huruf. Jika virus ini terus bermutasi hingga lebih dari 24 varian, maka butuh model penamaan baru.

Melansir dari Sky News melalui Tempo, WHO mempertimbangkan menggunakan rasi bintang (zodiak) untuk menamai varian baru Covid-19. "Kami telah memikirkan untuk menggunakan rasi bintang. Kami akan menggunakan dewa dan dewi Yunani," kata Maria Van Kerkhove, pemimpin pelaksanaan Covid-19, pada 8 Agustus 2021.

photoIlustrasi Covid-19 - (Pixabay)

Hal ini memungkinkan varian Covid-19 akan diberi nama dengan Leo, Virgo, Taurus, Aries, Gemini, dan lainnya. Maria juga menyatakan WHO memastikan untuk menggunakan pilihan nama yang tepat agar tidak mengecewakan berbagai pihak. 

Seperti diketahui, WHO menolak melekatkan nama varian baru Covid-19 dengan tempat atau negara varian tersebut pertama kali ditemukan. Sebab, hal ini dapat menciptakan stigmatisasi pada tempat tersebut.

Sumber: Jacinda Nuurun Addunyaa/Tempo

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur