Light Dark

Kembalinya Rebon ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi, 3 Tahun Sempat Hilang

Sukabumi | 20 Aug 2021, 17:32 WIB
Anak-anak ikut berburu rebon di Pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Warga pesisir berbondong - bondong  berburu rebon atau udang kecil di Pantai Ujung Genteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap  Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ini adalah kedatangan kembali rebon ke pesisir Ujung Genteng setelah 3 tahun menghilang.

"Baru muncul 4 hari ini. Setelah hampir 3 tahun tidak ada," kata Asep (46 tahun) warga Kampung Cipaku RT 06/02 Desa Ujung Genteng kepada Sukabumiupdate.com, Jumat (20/8/2021).

Menurut Asep, dari kebiasan masa sebelumnya kemunculan rebon terkait dengan cuaca. Beberapa pekan terakhir, pesisir selatan Sukabumi dilanda hujan angin serta gelombang tinggi. 

"Saat ini kondisi mulai normal, kemunculan rebon biasanya pananda kemarau. Ya biasanya dulu kalau muncul rebon akan kemarau," jelasnya.

photoRebon (udang kecil) hasil tangkapan warga pesisir Ujung Genteng Sukabumi - (istimewa)

Sejak 4 hari terakhir warga pesisir mulai melihat kemunculan rebon di pantai dan makin banyak dalam dua hari ini. Warga menyiapkan peralatan tradisional untuk menangkap rebon dari gulungan ombak yang menerjang daratan. 

"Biasanya kita gunakan waring atau jala lobang kecil, sepanjang 4 meter, ujungnya pakai batang bambu dan dipegang oleh dua orang," terang Asep.

Baca Juga :

Rekannya sesama pemburu Rebon, Ayep (39 tahun) warga Desa Cikangkung menambahkan bahwa dalam dua hari terakhir sudah mendapatkan 10 kilogram udang kecil dari pesisir Ujung Genteng. "Sekali mengangkat dapat sekitar 10 kilogram. Selain dikonsumsi juga dijual dengan harga Rp.15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram," tuturnya.

"Kami mulai berburu dari pagi, siang hingga sore hari. rebon tersebut berada di kulit air dari deburan ombak. Lumayan karena kemarin sudah melaut karena gelombang tinggi," jelas Ayep.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur