Sehat dan Ramping di Masa Tua, Kuncinya Atur Pola Makan

Kamis 19 Agustus 2021, 02:00 WIB
Tetap sehat di usia tua dengan bonus badan rampingbisa didapatkan dengan cara mengatur pola makan.

Tetap sehat di usia tua dengan bonus badan rampingbisa didapatkan dengan cara mengatur pola makan.

SUKABUMIUPDATE.com - Usia yang tidak muda lagi atau tua akan membuat tubuh mudah mengalami penambahan berat badan dan risiko terkena berbagai penyakit lainnya, namun tubuh tidak sehat tersebut bisa dihindari dengan mengatur pola makan

Penambahan berat badan terjadi karena penurunan pergantian asam lemak secara alami seiring bertambahnya usia, sehingga memudahkan tubuh untuk menambah bobot.

Khusus untuk wanita, perubahan hormonal alami setelah menopause dapat membuat kenaikan berat badan, terlepas dari perubahan pola makan dan aktivitas fisik.

Jadi, bagaimana orang di atas 50 tahun bisa memiliki tubuh yang ramping dan sehat? Berikut beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup yang perlu dilakukan orang berusia di atas 50 tahun untuk mempertahankan berat badannya. 

Baca Juga :

1. Jangan melewatkan waktu makan 

Melewatkan waktu makan, terutama sarapan, untuk mendapatkan tubuh ramping ternyata sebuah kesalahan. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, melewatkan makan tidak dapat menurunkan berat badan, khususnya pada wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas pascamenopause.

Data menunjukkan bahwa orang yang melewatkan waktu makan pertama pada hari itu cenderung makan lebih banyak kalori, lemak, dan gula tambahan saat makan siang, makan malam, dan waktu ngemil dibandingkan mereka yang sarapan.

2. Makan ikan kaya lemak dan rendah merkuri 

Ikan berminyak, seperti salmon dan herring, merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi. Karena peradangan kronis dapat menyebabkan kenaikan berat badan maka ikan dapat membantu memiliki berat badan yang sehat. Sebaiknya makan ikan kaya lemak dan rendah merkuri dua kali seminggu. 

3. Konsumsi protein 

Makan protein, baik di waktu makan besar atau ngemil, dapat membantu mendapatkan tubuh ramping. Protein membuat kenyang lebih lama sehingga tidak harus sering makan, juga membantu mengurangi lemak. 

Manusia secara alami kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia. Asupan protein yang cukup setelah usia 50 dapat membantu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat sedang istirahat.

4. Makan sayuran 

Orang lanjut usia atau lansia banyak yang tidak makan buah dan sayuran dalam jumlah yang disarankan. Padahal, makan sayuran yang cukup bisa menjadi cara yang sehat untuk menghindari berat badan berlebih, berkat kandungan kalori yang rendah dan serat alaminya. 

5. Minum cukup air putih 

Kalori bisa masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, seperti teh manis atau soda, yang membuat orang sulit mempertahankan berat badan. Jadi, pilih minuman bebas kalori seperti air putih atau teh tawar.

6. Makan kacang-kacangan

Kacang tanah, buncis, dan kacang merah adalah makanan kaya antioksidan dan serat yang serbaguna dan lezat. Makanan ini dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama karena serat dan proteinnya. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan satu porsi kacang polong setiap hari akan kehilangan berat badan.

7. Mengikuti diet Mediterania 

Diet mediterania berfokus pada makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, produk, dan kacang-kacangan, tapi membatasi makanan olahan, permen, dan makanan yang digoreng. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Journal, orang berusia 55 tahun yang mengikuti diet Mediterania lebih sedikit mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti pola makan ini.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)