Menara Portabel Bakal Gantikan Pos Balawista yang Ambruk di Citepus Sukabumi

Sabtu 14 Agustus 2021, 02:00 WIB
Kondisi menara pos penjagaan Balawista di Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 14 Agustus 2021, usai ambruk pada Jumat, 13 Agustus.

Kondisi menara pos penjagaan Balawista di Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 14 Agustus 2021, usai ambruk pada Jumat, 13 Agustus.

SUKABUMIUPDATE.com - Balawista Kabupaten Sukabumi langsung berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark pasca ambruknya menara pos penjagaan di Pantai Citepus Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, pada Jumat, 13 Agustus 2021 pagi.

"Untuk meminta arahan berikutnya pasca ambruk itu," kata Ketua Balawista Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto, Sabtu, 14 Agustus 2021. "Salah satunya mengusulkan pembangunan menara portabel sebagai pengganti menara yang rubuh," tambah dia.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Usman Susilo mengaku prihatin dengan ambruknya menara pos tersebut. Ia pun menyebut sejak dua hari lalu menerima laporan ombak besar di Pantai Palabuhanratu, khusunya Citepus, dan menyebabkan menara itu miring.

"Kita langsung cek. Semula memang sudah berniat akan memperbaiki itu, rencananya mungkin pekan depan. Nah Senin nanti rencananya sudah tidak menggunakan menara ini lagi," imbuhnya.

Usman menyebut menara tersebut memiliki ketinggian sekira lima hingga enam meter dan menjadi sentral di kawasan Palabuhanratu hingga Cisolok. "Ombak saat ini sudah melandai. Kalau kemarin itu tinggi, empat sampai enam meter," ucap dia.

Baca Juga :

Untuk penanganan selanjutnya, kata Usman, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan, serta telah dilakukan pengukuran. Rencananya, akan dibuatkan menara portabel yang jika terjadi ombak besaR, bisa dipindahkan. "Jadi menara portabel ini bisa digeser ke tempat aman. Kalau permanen seperti ini tidak bisa dipindahkan ketika terjadi ombak yang cukup besar," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, pos penjagaan dan pengawasan Balawista Kabupaten Sukabumi, ambruk setelah diterjang ombak besar secara berturut-turut selama beberapa hari belakangan ini.

Pos Balawista yang berada di Pantai Citepus Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, ambruk pada Jumat, 13 Agustus 2021 pagi. Dalam insiden tersebut, sebagian alat Tsunami Early Warning System yang terpasang di menara pos penjagaan, hilang terbawa ombak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com
Food & Travel29 Maret 2024, 10:37 WIB

Jajanan Khas Riau yang Manis dan Lembut, Resep Kue Jongkong Cocok untuk Takjil Puasa

Jajanan manis yang satu ini terbuat dari tepung beras dan santan.
Jajanan tradisional khas Riau, resep Kue Jongkong manis dan lembut. | Foto: YouTube/Kara Santan