Ngobrol Fintech, Akhir Pekan Produktif ala HMTI dan HIMAKA Nusa Putra

Sabtu 14 Agustus 2021, 02:00 WIB
Webinar Nasional Financial Technology dengan tema Financial Technology (fintech) for SDG’S 2030: What is it? And How To Make It? yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Universita

Webinar Nasional Financial Technology dengan tema Financial Technology (fintech) for SDG’S 2030: What is it? And How To Make It? yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Universita

SUKABUMIUPDATE.com - HMTI atau Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika bersama HIMAKA atau Himpunan Mahasiswa Akuntansi dari Universitas Nusa Putra mengadakan Webinar Nasional dengan tema yang diambil mengenai Fintech. 

Kemajuan teknologi yang tengah terjadi membuat sistem keuangan berevolusi menjadi berbasis teknologi. Hal tersebut berhasil melahirkan berbagai macam financial technology atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fintech.

Financial Technology merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan teknologi pada industri jasa keuangan. Produk yang dihasilkan oleh Fintech ini berupa suatu sistem yang dibuat untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik. Di Indonesia sendiri terdapat empat jenis Fintech yaitu Peer to Peer Lending (P2P), manajemen risiko dan investasi, market aggregator, serta payment, clearing and settlement.

Baca Juga :

Dengan adanya Peer to Peer Lending (P2P) membuat pengiriman uang dan peminjaman uang menjadi lebih mudah dengan tanpa perlu mengunjungi bank. Lain halnya dengan manajemen risiko dan investasi yang dapat membantu dalam mengelola keuangan pribadi menjadi lebih praktis. 

Lalu dengan adanya market aggregator yang menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan keuangan sehingga pengguna informasi tersebut dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam hal keuangan. 

Payment, clearing and settlement menjadi jenis fintech yang banyak digunakan, karena dapat memudahkan proses pembayaran dengan hanya melalui smartphone. Dengan adanya fintech, segala transaksi keuangan dapat dilakukan secara online atau hanya dengan mengklik pada smartphone tanpa perlu keluar rumah.

Selain itu, fintech juga memiliki peranan terhadap pencapaian dalam 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan ingin dicapai pada 2030. Peranan tersebut berkaitan dengan akses perbankan dan layanan keuangan yang dapat menjangkau semua kalangan.

Webinar Nasional Financial Technology dengan tema Financial Technology for SDG’S 2030: What is it? And How To Make It? yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Universitas Nusa Putra akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Agustus 2021 Pukul 08.00 WIB. 

Tentunya dengan para pembicara yang menarik yaitu Dedy Irwan Prihandoko, M.Si. CNLA (Kepala Seksi Aktuaria PT Asuransi Ramayana, Tbk) dan Syarif Hidayatullah (Senior Data Consultant Delloite Ex Gojek – Google Certified).

Pada webinar ini akan dijelaskan pengetahuan mengenai fintech, serta proses dalam pembuatannya yang mampu membantu dalam pencapaian 17 tujuan yang terkandung dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan khususnya untuk poin 1 (tanpa kemiskinan) dan poin 8 (pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi). 

Sehingga dapat diketahui fintech yang tepat untuk mencapai poin 1 dan poin 8 dalam Pembangunan Berkelanjutan tersebut.

Webinar ini terbuka untuk umum lho! Tidak lupa juga ada doorprize menarik. Catat tanggalnya dan jangan lupa registrasi pada link berikut dengan htm 20k.

https://bit.ly/Webinar_Fintech_AKTI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)