BPBD Imbau Pesisir Sukabumi Waspada, BMKG: Masih Ada Potensi Gelombang Hingga 9 Meter

Jumat 13 Agustus 2021, 02:00 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi imbau masyarakat agar tetap tenang dan hanya percaya data yang disebar oleh BMKG.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi imbau masyarakat agar tetap tenang dan hanya percaya data yang disebar oleh BMKG.

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi imbau masyarakat untuk percaya pada data yang diberikan BMKG dan tetap tenang juga tidak termakan isu hoax yang disebarkan orang-orang tidak bertanggung jawab. 

Kabupaten Sukabumi dan beberapa daerah lain saat ini tengah menjadi perhatian BMKG akibat adanya gelombang air laut yang cukup besar hingga ke daratan. 

Data dari BMKG pada tanggal 13 Agustus 2021 pukul 07.00 pagi menuliskan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan di Wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Karimata bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Tinggi gelombang 4,0 - 6,0 meter (sangat tinggi) berpeluang terjadi di Perairan Selatan Sukabumi, Perairan Selatan Cianjur, Perairan Selatan Garut, Perairan Selatan Tasikmalaya, Perairan Selatan  Pangandaran, Perairan Selatan Cilacap, Perairan Selatan Kebumen, Perairan Selatan Purworejo dan Perairan Selatan Yogyakarta. 

Baca Juga :

Sementara gelombang tinggi 6,0 - 9,0 meter (ekstrem) berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Sukabumi, Samudera Hindia Selatan Cianjur, Samudera Hindia Selatan Garut, Samudera Hindia Selatan Tasikmalaya, Samudera Hindia Selatan Pangandaran, Samudera Hindia Selatan Cilacap, Samudera Hindia Selatan Kebumen, Samudera Hindia Selatan Purworejo dan Samudera Hindia Selatan Yogyakarta. 

Risiko tinggi akan terjadi jika tetap melaksanakan pelayaran, oleh karena itu BMKG meminta nelayan dan masyarakat yang tinggal dan berada di wilayah tersebut untuk waspada dan berhati-hati. Data tersebut diatas berlaku hari ini hingga besok, 14 Agustus 2021 pukul 07.00 pagi. 

Imbauan tersebut agar diperhatikan oleh masyarakat, kemudian mungkin saja terjadi desas-desus dan asumsi masyarakat akan datangnya bencana. 

Namun Plt BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menegaskan pada masyarakat untuk tetap tenang. “Kami imbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, lihat situasi dan kondisi, tetap waspada dan jangan percaya hoax,” tegas Anita pada Jumat 13 Agustus 2021.

Terjadi gelombang pasar di pesisir laut Sukabumi tentu sudah menjadi perhatian pihak BPBD dan BMKG, guna melihat akan adanya bencana atau tidak. Namun hingga saat ini belum ada prediksi akan terjadi bencana atau apapun. 

“Perkembangan gelombang laut mohon percayakan pada BMKG dan BPBD, masyarakat tetap waspada dan melihat kondisi lapangan. Jika sekiranya tampak membahayakan maka kami imbau untuk segera menyelamtkan diri ke tempat yang lebih aman,” tegas Anita. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)