Light Dark

Hati-hati! Nama Wabup Sukabumi Iyos Somantri Dicatut Penipu Bantuan Keagamaan

Sukabumi | 10 Aug 2021, 19:34 WIB
Nomor whatsapp penipu yang mencatut nama dan foto Wabup Sukabumi Iyos Somantri | Dok. Diskominfosan

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kabupaten Sukabumi Jawa Barat khususnya pengurus tempat ibadah wajib hati-hati jika mendapatkan pesan whatsapp dari akun yang menggunakan foto profil Iyos Somantri. Foto Wabup atau Wakil Bupati Sukabumi dimanfaatkan oknum penipu yang menawarkan program bantuan keagamaan atau donasi dari Pemkab Sukabumi untuk tempat ibadah.

Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi menegaskan jika menerima pesan tersebut jangan percaya karena hoaks dan terindikasi penipuan. "Itu pesan hoaks, foto dan nama beliau (Wabup) dicatut oleh orang tak bertanggung jawab," jelas Eki Radiana Rizki Kepala Dinas Kominfosan melalui pesan singkat, Selasa (10/8/2021).


Advertisement

Menurut Eki, laporan ini diterima jajarannya pada 8 Agustus 2021 lalu. Saat itu ada warga yang curiga dengan akun whatsapp yang menggunakan foto dan mengatasnamakan sebagai Wakil Bupati Iyos Somantri. Akun tersebut menawarkan program bantuan atau donasi untuk tempat ibadah.

Tak hanya catut nama dan foto wabup, pelaku juga membuat surat palsu terkait program bantuan tersebut yang dikirimkan ke calon korban sebagai penguat upaya penipuan, dengan format PDF. "Padahal program itu tidak ada," lanjut Eki.

Baca Juga :


Advertisement

Dalam surat palsu tersebut, pelaku menggunakan kop surat bertuliskan pemkab Sukabumi lengkap dengan cap basah dan nama dan tandatangan Wabup Sukabumi. Eki berharap warga tidak meladeni jika menerima pesan tersebut.

"Jelas ini penipuan dengan mencatut nama dan foto Wabup Sukabumi," tegasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur